Atalanta Juara Liga Europa, Gian Piero Gasperini Bongkar Rahasia Bantai Bayer Leverkusen di Final

Atalanta Juara Liga Europa, Gian Piero Gasperini Bongkar Rahasia Bantai Bayer Leverkusen di Final

Olahraga | inews | Kamis, 23 Mei 2024 - 07:25
share

DUBLIN, iNews.id Atalanta juara Liga Europa 2023-2024. Pelatih La Dea Gian Piero Gasperini membongkar rahasia sukses timnya membantai Bayer Leverkusen 3-0 pada final di Aviva Stadium, Dublin, Irlandia, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

Hattrick Ademola Lookman pada menit ke-12, 26, dan 75 memastikan pesta Atalanta atas Leverkusen. Itu menjadi trofi Eropa pertama untuk Atalanta.

Gian Piero Gasperini mengaku sudah mengetahui kekuatan Leverkusen, sehingga bisa menentukan strategi yang tepat untuk membungkam Leverkusen. Dia sudah mengintip performa sang lawan saat sukses menyingkirkan AS Roma pada semifinal dengan agregat 4-2.

Selain itu, Gasperini menjelaskan, dengan adanya tujuh pemain Atalanta yang pernah mengalahkan Die Werkself julukan Leverkusen di Liga Europa 2021-2022 membuat timnya bisa tampil lebih baik. Ini menjadi titel perdana Gasperini sepanjang karier kepelatihannya.

"Hari ini Anda dapat melihat pertandingan, kami telah melihat Bayer ini dalam semua pertandingan, dan dua pertandingan yang mereka mainkan melawan Roma membantu kami dengan baik," kata Gasperini dikutip dari Tuttomercato, Kamis (23/5/2024).

"Kami mengenal mereka dengan baik, kami telah bermain melawan mereka dua tahun lalu, di babak 16 besar Europa League, dan bahkan saat itu, dengan enam atau tujuh pemain yang ada saat ini, kami bermain dengan baik," ujarnya.

Gasperini pun mengakui kehadiran Xabi Alonso membuat Bayer Leverkusen menjadi lebih kuat, tetapi Atalanta sudah mempelajari kekuatan lawannya sehingga bisa tampil menyulitkan. Dia pun memuji para pemainnya, karena tampil baik sejak awal hingga akhir pertandingan.

"Tentu saja, Xabi memperkuat mereka, (tetapi) kami memahami bahwa kondisinya memang ada untuk membuat mereka kesulitan. Ketika Anda berhasil dari awal hingga akhir, Anda hanya perlu mengatakan bahwa para pemain luar biasa," tuturnya.

Topik Menarik