Atalanta Juara Liga Europa Lewat Hattrick Ademola Lookman Kontra Bayer Leverkusen

Atalanta Juara Liga Europa Lewat Hattrick Ademola Lookman Kontra Bayer Leverkusen

Olahraga | inews | Kamis, 23 Mei 2024 - 04:24
share

DUBLIN, iNews.id Atalanta juara Liga Europa 2023-2024 lewat hattrick Ademola Lookman yang menghasilkan pesta 3-0 atas Bayer Leverkusen pada final di Aviva Stadium, Dublin, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

Ini menjadi titel utama kedua dalam 117 tahun sejarah Atalanta, sekaligus memutus rekor tak terkalahkan sang juara Liga Jerman 2023-2024.

Dalam laga ini, Lookman, yang pernah berjuang untuk memantapkan dirinya di Liga Inggris bersama Everton, Fulham dan Leicester City, menghidupkan kembali kariernya di Italia di bawah pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini.

Dia mencetak dua gol dalam 26 menit pertama sebelumnya menyegel kemenangan 15 menit jelang bubaran.

Kemenangan tersebut mengakhiri perjuangan Gasperini selama dua dekade trofi besar karena timnya benar-benar mengungguli armada Xabi Alonso yang tangguh yang menjalani 51 pertandingan luar biasa tak terkalahkan.

Atalanta mengulangi pesona hebat mereka saat membungkus kemenangan kontra raksasa Inggris, Liverpool, finalis tiga kali Olympique de Marseille di dua babak sebelumnya. Kini, klub berjuluk La Dea itu kembali tidak memberikan lawannya mengendus permainan, untuk memastikan kemenangan di final Eropa pertama mereka.

Leverkusen memulai pertandingan dengan kurang percaya diri. Beberapa permainan juga tampak ceroboh, tidak seperti biasanya terjadi. Hasilnya, Atalanta sudah mengirim peringatan dini lewat
Gianluca Scamacca di awal-awal laga.

Tak lama berselang, Davide Zappacosta berhasil menerobos pertahanan Leverkusen sebelum memberikan pelayanan istimewa yang dituntaskan Lookman menjadi gol pada menit ke-12.

Kesalahan Leverkusen lainnya membuat Atalanta menguasai bola. Kemudian, Lookman berhasil melewati satu bek lawan sebelum melepaskan tendangan melengkung kaki kanan yang menghasilkan gol kedua pada menit ke-26.

Leverkusen seolah terkejut melihat sekilas betapa cepatnya serangan itu. Kemudian, Charles De Ketelaere nyaris menambah keunggulan Atalanta, juga dengan serangan balik kilat.

Leverkusen yang hanya gagal mencetak satu gol sepanjang musim ini yang menampilkan 42 kemenangan di semua kompetisi dan 17 gol dicetak setelah menit ke-90, kali ini tak berkutik. Berbagai usaha mereka membentur lini belakang Atalanta yang tegas.

Kemudian, Lookman benar-benar memadamkannya dengan serangan balik menakjubkan lainnya. Kali ini, dia tendangan kaki kirinya melengkapi hat-tricknya pada menit ke-75. Ini merupakan hattrick keenam yang pernah terjadi final besar Eropa, dan yang pertama sejak Jupp Heynckes melakukannya bersama untuk Borussia Moenchengladbach pada final Piala UEFA 1975.

Para pemain Atalanta pun bersorak menyambut kemenangan ini. Trofi ini menuntaskan penantian 61 tahun sejak kemenangan mereka di final Coppa Italia 1963.

Topik Menarik