Hadapi Timnas Indonesia U-23, Guinea Tak Diperkuat Striker Jebolan OGC Nice

Hadapi Timnas Indonesia U-23, Guinea Tak Diperkuat Striker Jebolan OGC Nice

Olahraga | sindonews | Senin, 6 Mei 2024 - 13:51
share

Tim Nasional (Timnas) Guinea U-23 mendapat kabar buruk jelang melawan Timnas Indonesia U-23 di babak play-off Olimpiade Paris 2024. Tim berjuluk Syli U-23 itu tidak diperkuat striker jebolan OGC Nice, Lamine Diaby-Fadiga.

Timnas Guinea U-23 akan menghadapi Timnas Indonesia U-23 untuk memperebutkan satu tiket terakhir olimpiade di Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) mendatang. Ini merupakan laga yang mempertemukan peringkat empat Piala Afrika U-23 2023 dan peringkat empat Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga: Menpora Kaget Laga Timnas Indonesia U-23 vs Guinea Digelar Tertutup

Tapi, Guinea U-23 tidak dalam kekuatan terbaiknya untuk menghadapi Timnas Indonesia U-23. Sebab, tim polesan Kaba Diawara ini dipastikan tidak akan diperkuat Diaby-Fadiga karena mengalami cedera.

“Berita buruk untuk Lamine Diaby-Fadiga. Penyerang Guinea yang bermain untuk Paris FC itu akan absen bersama Syli U-23 untuk play-off Olimpiade 2024,” tulis Guinea Foot, Senin (6/5/2024).

“Dia telah dipanggil sebelumnya oleh pelatih Kaba Diawara dan klubnya sudah menerima panggilan itu. Semoga cepat sembuh untuk pemain tersebut. Berita baiknya adalah dia telah menerima untuk memperkuat Guinea,” lanjutnya.

Diaby-Fadiga sendiri merupakan pemain kelahiran Grasse, Prancis. Menilik data dari Transfermarkt, pemain Paris FC itu sama sekali belum pernah memperkuat Guinea. Sebab, dia baru saja memilih kewarganegaraan Guinea.

Pemain berusia 23 tahun ini sejatinya memiliki catatan apik. Diaby-Fadiga sudah pernah membela Prancis U-16, U-17, dan U-18 sebelum akhirnya memilih untuk memperkuat Timnas Guinea.

Diaby-Fadiga juga bisa dibilang merupakan pemain yang cukup produktif dalam urusan mencetak gol. Dari 27 penampilannya bersama Paris FC di semua kompetisi musim ini, dia sudah mengemas tujuh gol.

Absennya Diaby-Fadiga ini bisa menjadi angin segar bagi Timnas Indonesia U-23. Diharapkan, Skuad Garuda Muda mampu mengatasi Guinea U-23 sehingga melangkahkan kakinya ke Olimpiade Paris 2024.

Walaupun memang, Guinea U-23 bukanlah lawan yang mudah. Karena tim besutan Kaba Diawara itu juga diperkuat oleh beberapa pemain yang mentas di Eropa selain Diaby-Fadiga. Seperti Selu Diallo (Deportivo Alaves), Mohamad Soumah (KAA Gent), dan Algassime Bah (Olympiacos).

Topik Menarik