Prediksi Starting Line Up Timnas Indonesia U-23 Vs Uni Emirat Arab, STY Siapkan Tim Inti Piala Asia U-23 2024

Prediksi Starting Line Up Timnas Indonesia U-23 Vs Uni Emirat Arab, STY Siapkan Tim Inti Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Senin, 8 April 2024 - 12:05
share

DUBAI, iNews.id Prediksi starting line up Timnas Indonesia U-23 vs Uni Emirat Arab menarik dibahas. Kedua tim akan melakoni laga uji coba tersebut di The Sevens Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (8/4/2024) pukul 20.30 waktu setempat atau Selasa (9/4/2024) pukul 00.30 WIB.

Uji Coba ini digelar sebagai persiapan Tim Garuda Muda tampil di Piala Asia U-23 2024. Pada turnamen yang akan digelar di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei itu, Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania.

Kontra UEA menjadi uji coba kedua. Sebelumnya, Indonesia sudah menjajal Timnas Arab Saudi U-23, juga di tempat sama. Hasilnya, Tim Garuda Muda takluk 1-3.

Winger Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman beraksi pada uji coba kontra Arab Saudi U-23 di Sevens Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (5/4/2024) malam waktu setempat. (Foto: PSSI)
Winger Timnas Indonesia U-23 Witan Sulaeman beraksi pada uji coba kontra Arab Saudi U-23 di Sevens Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (5/4/2024) malam waktu setempat. (Foto: PSSI)

Pada uji coba kedua malam nanti, Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong (STY) rencananya akan menurunkan skuad intinya yang akan dipersiapkan melawan Qatar pada laga perdana Piala Asia U-23 2024, Senin (15/3/2024).


Prediksi Starting Line Up Timnas Indonesia Vs Uni Emirat Arab

Secara level sepak bola, Uni Emirat Arab berada satu tingkat di atas Indonesia. Sehingga, kemungkinan STY akan menghamparkan formasi 5-4-1. Pola ini dianggap cocok untuk membuat performa Timnas Indonesia U-23 lebih stabil.

Di bawah mistar gawang, Ernando Ari bakal menjadi pilihan utama. Ketenangan dan pengalamannya sebagai kiper Timnas senior membuat kiper Persebaya Surabaya layak diprioritaskan.

Di pertahanan, pola tiga center back akan kembali dimainkan. Komposisinya bakal ada Rizky Ridho yang berposisi di tengah. Sang kapten akan ditemani Muhammad Ferrari dan Komang Teguh.

Sementara sebagai bek sayap kiri, Pratama Arhan jelas bakal jadi pilihan utama. Pengalamannya bersama Timnas senior akan sangat dibutuhkan. Terlebih, dia memiliki senjata maut yang kerap berujung gol, yakni lemparan jarak jauhnya.

Sebagai bek kanan, STY punya dua pilihan yang kualitasnya setara, yakni Rio Fahmi dan Bagas Kaffa. Kemungkinan besar, sang arsitek akan menunjuk Rio Fahmi sebagai starter.

Di tengah, Ivar Jenner akan diandalkan untuk menjaga keseimbangan permainan Tim Garuda Muda. Untuk menemaninya, STY bisa memilih Arkhan Fikri karena Marselino Ferdinan belum bergabung.

Gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner. (Foto: Instagram @ivarjnr)
Gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner. (Foto: Instagram @ivarjnr)

Di sayap, Witan Sulaeman bisa ditugaskan menyisir di sebelah kanan. Sementara Kelly Sroyer bisa dimaksimalkan kecepatannya di sisi kiri.

Sedangkan di posisi striker, STY punya tiga pilihan, yakni Ramadhan Sananta, Hokky Caraka, dan satu pemain abroad, Rafael Struick. Ketiganya juga menjadi andalan di timnas senior. Jika melihat kebiasaan STY di Timnas senior, kemungkinan Rafael Struick yang akan kembali dipilih sebagai starter.

Dengan komposisi ini, diharapkan Timnas Indonesia U-23 bisa mendapatkan chemistry yang tepat dan bisa membawa hasil positif kontra Uni Emirat Arab. Hasil di pertandingan ini sedikit banyaknya akan memengaruhi mentalitas bertanding Rizky Ridho dkk sebelum tampil di Piala Asia U-23 2024.

Prediksi Starting Line Up Indonesia vs UEA
TIMNAS INDONESIA (5-4-1)
Ernando Ari; Rio Fahmi, Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Ivar Jenner, Arkhan Fikri, Kelly Sroyer; Rafael Struick
Pelatih: Shin Tae-yong

Topik Menarik