Eks Pembalap MotoGP Tuduh Fabio Quartararo Terpaksa Bertahan di Yamaha, Begini Pengakuannya

Eks Pembalap MotoGP Tuduh Fabio Quartararo Terpaksa Bertahan di Yamaha, Begini Pengakuannya

Olahraga | inews | Senin, 8 April 2024 - 08:20
share

MINDELHEIM, iNews.id- Mantan pembalap MotoGP, Alex Hofmann menyebut Fabio Quartararo terpaksa bertahan di Yamaha. Menurutnya, Quartararo tidak ada pilihan lain sehingga memutuskan untuk tetap bersama Yamaha.

Sebagaimana diketahui, Quartararo telah menetapkan pilihan tetap bersama Yamaha hingga 2026. Pilihan ini dianggap paling realistis karena tidak ada opsi lain bagi pembalap asal Prancis untuk berpindah ke tim pabrikan lain.

Hal ini pun diungkap oleh Hofmann yang merupakan mantan pembalap sekaligus pengamat MotoGP saat ini. Kehadiran Pedro Acosta di KTM sekaligus Marc Marquez di Ducati menjadi pemicu bahwa tim pabrikan tersebut sudah punya pegangan rider masing-masing untuk di masa depan.

"Sebenarnya, tidak ada pilihan nyata untuk Fabio Quartararo. Pedro Acosta juga menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya. Kedatangannya di KTM telah menyebabkan gejolak dan ketatnya pasar di antara tim-tim papan atas," kata Hofmann, mengutip dari Speedweek, Minggu (7/4/2024).

Sementara pilihan lain seperti Honda dan Aprilia, Hofmann menilai hal itu tidak ada dalam opsi Quartararo juga. Terlebih Aprilia, di mana tim asal Italia itu bisa saja merekrut Jorge Martin karena berada dalam satu management bersama Aleix Espargaro.

"Honda saat ini bukanlah pilihan bagi Fabio. Jadi Aprilia akan tetap menjadi alternatif di antara tim pabrikan. Tentu saja, perpindahan ke Italia bisa saja terjadi, tapi menurut saya ada dua alasan yang menghalanginya," ucap Hofmann.

"Di satu sisi, Aprilia akan kesulitan menawarkan gaji serupa ke Yamaha, dan di sisi lain, menurut saya Jorge Martin bisa menggantikan teman sekaligus rekan latihannya, Aleix Espargaro, di RS-GP," lanjutnya.

"Tidak boleh dilupakan bahwa Aleix dan Jorge memiliki manajer yang sama, Albert Valera (pembalap Spanyol itu juga memiliki kontrak super rookie Acosta) dan jika karier Espargaro berakhir, Valera akan setidaknya menaruh kakinya di pintu Aprilia untuk Jorge Martin," imbuhnya.

Quartararo sendiri bisa dibilang masih mengalami kesulitan bersama Yamaha dalam beberapa tahun terakhir. Juara dunia MotoGP 2021 itu tidak bisa bersaing dengan rider lain yang saat ini didominasi Ducati, KTM, dan Aprilia.

Topik Menarik