Calvin Verdonk Sebut Alasan Lebih Tertarik Gabung Timnas Indonesia Ketimbang Belanda

Calvin Verdonk Sebut Alasan Lebih Tertarik Gabung Timnas Indonesia Ketimbang Belanda

Olahraga | inews | Minggu, 7 April 2024 - 09:38
share

NIJMEGEN, iNews.id - Pemain NEC Nijmegen Calvin Verdonk menyebut alasan lebih tertarik gabung Timnas Indonesia ketimbang Belanda. Menurutnya di usia yang sekarang akan lebih realistis bergabung dengan skuad Garuda.

Nama Verdonk menjadi buah bibir pencinta sepak bola Tanah Air. Semua bermula setelah Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memantau langsung permainannya di Liga Belanda dan berfoto bersama.

Terbaru Verdonk juga mengakui sudah dihubungi PSSI untuk dinaturalisasi. Sempat ragu, bek kiri 26 tahun itu kini sudah yakin untuk berseragam Garuda di dada.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong foto bareng Calvin Verdonk. Ini menjadi alarm bahaya buat Pratama Arhan. (Foto: Instagram/shintaeyong7777)

Sebab Verdonk menilai dirinya sudah tak mungkin lagi dipanggil Timnas Belanda senior. Padahal sebelumnya dia kerap memperkuat De Oranje di kelompok umur.

"Saya harus jujur kepada diri saya sendiri. Saya tidak akan punya kesempatan lagi untuk masuk ke timnas Belanda," ujar Verdonk dikutip dari Media Belanda, Voetbal International, Minggu (7/4/2024).

"Usia saya sekarang hampir mencapai 27 tahun, sehingga itu (memakai jersi Belanda) sangat tidak realistis," ujarnya.

Alasan selanjutnya yang bikin Verdonk tertarik gabung Timnas Indonesia adalah kans lolos Piala Dunia 2026. Garuda berada di posisi kedua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia ronde kedua.

Pasukan Shin Tae-yong menyisakan dua pertandingan lagi melawan Irak dan Filipina. Secara matematis Indonesia hanya butuh satu kemenangan untuk melaju ke ronde ketiga.

"Sepak bola berkembang di negara ini (Indonesia). Mereka masih bersaing di (kualifikasi) Piala Dunia 2026. Bayangkan kalau mereka berhasil lolos," tuturnya.

"Tiba-tiba saya masuk Piala Dunia, tidak ada yang akan menyangka," ucapnya.

Profil Calvin Verdonk menarik diulas. Dia adalah calon pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/c.verdonk)

Verdonk juga kagum dengan warganet Indonesia yang begitu luar biasa. Dia mengatakan admin NEC Nijmegen jadi sering mengunggah tentang dirinya di media sosial untuk mendapatkan perhatian pencinta sepak bola Tanah Air.

"Jika NEC mengunggah sesuatu, itu hanya tentang saya. Mereka benar-benar gila sepak bola. 270 juta orang tinggal di sana, benar-benar negara yang super besar, katanya.

Verdonk memiliki garis keturunan Indonesia dari sang ayah. Diketahui ayahanda sang defender berasal dari Aceh dan ibunya Belanda.

Topik Menarik