Daftar 5 Negara ASEAN yang Pernah Mentas di Piala Asia U-23, Siapa Paling Sukses?

Daftar 5 Negara ASEAN yang Pernah Mentas di Piala Asia U-23, Siapa Paling Sukses?

Olahraga | inews | Rabu, 3 April 2024 - 07:01
share

JAKARTA, iNews.id - Daftar 5 negara ASEAN yang pernah mentas di Piala Asia U-23 menarik diulas. Kira-kira siapa yang paling sukses ya?

Piala Asia U-23 kembali digelar tahun 2024. Kali ini Qatar terpilih jadi tuan rumah setelah sukses menggelar Piala Dunia 2022.

Ini merupakan edisi Piala Asia U-23 keenam sepanjang sejarah. Total sejauh ini sudah ada lima negara ASEAN yang berpartisipasi. Negara mana saja?

Daftar 5 negara ASEAN yang pernah mentas di Piala Asia U-23:

1. Myanmar

Myanmar pernah sekali ikut Piala Asia U-23 yakni edisi pertama pada 2013. Sayangnya mereka tak bisa berbuat banyak lantaran satu grup dengan Yordania, Korea Selatan, dan Oman.

Myanmar kalah tiga kali dan kebobolan 13 gol. Mereka akhirnya tersingkir prematur di fase grup.

2. Malaysia

Malaysia pernah tiga kali ikut Piala Asia U-23. Tapi prestasi terbaik Harimau Malaya Muda hadir pada edisi 2018 di China.

Kala itu Malaysia berhasil menginjakkan kaki di perempat final. Sayangnya mereka dikalahkan Korsel dengan skor 1-2.

3. Thailand

Thailand jadi salah satu negara yang paling konsisten. Tim berjuluk The War Elephants itu selalu ikut Piala Asia U-23 dalam lima edisi yang sudah digelar.

Tapi prestasi paling mentereng Thailand terukir di periode 2020 ketika Piala Asia U-23 digelar di kandang mereka. The War Elephants lolos ke perempat final sebelum disingkirkan Arab Saudi 0-1.

4. Vietnam

Sama dengan Thailand, Vietnam juga selalu ikut Piala Asia U-23. Namun prestasi mereka lebih mentereng yakni bisa lolos menjadi finalis edisi 2018.

Vietnam yang masih dilatih Park Hang-seo melawan Uzbekistan di final. Mereka tampil ngotot sebelum akhirnya kalah 1-2 via babak tambahan.

5. Indonesia

Indonesia baru sekali ikut Piala Asia U-23. Edisi 2024 menjadi kali pertama Garuda Muda bisa mentas di ajang tersebut.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu lolos dari jalur kualifikasi. Meski perdana, Indonesia langsung menargetkan tembus hingga perempat final loh. 

Topik Menarik