Indonesia Arena Batal Gelar Indonesia Open 2024, Ini Penjelasan Lengkap PBSI

Indonesia Arena Batal Gelar Indonesia Open 2024, Ini Penjelasan Lengkap PBSI

Olahraga | inews | Selasa, 2 April 2024 - 21:15
share

JAKARTA, iNews.id - Indonesia Arena batal menggelar Indonesia Open 2024.Ketua Panitia Penyelenggara Indonesia Open 2024, Armand Darmadji buka suara.

Turnamen berlevel Super 1000 itu digelar 4-9 Juni 2024. Ajang berhadiah USD1,3 juta ini akan tetap dilaksanakan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Padahal tahun lalu, PBSI berencana menggelar turnamen bergengsi tersebut di Indonesia Arena, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Namun kendala teknis tersebut membuat perhelatan bulu tangkis ini akhirnya harus kembali digelar di Istora.

"Pada rencananya kami ingin memindahkan turnamen Indonesia Open ke Indonesia Arena yang berkapasitas kurang lebih 16.000 penonton karena dibandingkan turnamen level Super 1000 di negara lain, hanya Indonesia yang masih menggunakan venue di bawah kapasitas 10.000 penonton," ujar Armand di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

"Ini juga sesuai himbauan Presiden Republik Indonesia, bapak Joko Widodo saat peresmian tahun lalu beliau ingin Indonesia Arena dapat menggelar turnamen bulu tangkis internasional," lanjutnya.

Sayangnya, setelah melakukan survei tentang kesiapan Indonesia Arena, ditemukan masalah perlengkapan lighting yang tidak sesuai dengan standar.

Dia juga menyebut Pihak Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) akan berupaya untuk meningkatkan arena sesuai kebutuhan bulu tangkis.

"Namun setelah dilakukan survei, kami terpaksa membatalkannya dan kembali ke Istora. Pembatalan tersebut karena ada kendala teknis dari struktur atap Indonesia Arena yang tidak bisa mengakomodir pemasangan rigging gantung dan perlengkapan lighting yang sudah menjadi standar kami dan BWF," sambung Armand.

"Pihak Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) akan berupaya untuk memperbaiki hal tersebut dan semoga tahun depan Indonesia Arena bisa menggelar turnamen bulutangkis internasional," tutupnya.

Topik Menarik