Pemain PSBS Biak M Tahir Sebut Pemain Lokal 11-12 dengan Naturalisasi, Tantang Jay Idzes Cs Uji Coba

Pemain PSBS Biak M Tahir Sebut Pemain Lokal 11-12 dengan Naturalisasi, Tantang Jay Idzes Cs Uji Coba

Olahraga | inews | Selasa, 2 April 2024 - 19:47
share

JAKARTA, iNews.id - Pemain PSBS Biak Muhammad Tahir sebut pemain lokal 11-12 dengan naturalisasi. Bahkan dirinya tak takut jika diadu dengan Jay Idzes dan kolega.

Nama Tahir sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan pencinta sepak bola. Ini semua karena pernyataannya saat diwawancarai Koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali di kanal Youtube Bicara Bola.

Awalnya Tahir ditanya perihal komposisi Timnas Indonesia saat ini. Mantan pemain Persipura Jayapura itu menilai skuad Garuda terlalu banyak naturalisasi.

"Sekarang terlalu banyak naturalisasi sih," kata Tahir.

"Menurut kamu ini enggak sehat?," tanya Akmal.

"Bukan tidak sehat, cuma kasihan kita mengadakan kompetisi di dalam negeri gunanya untuk apa?," Tahir menjawab.

Menurut Tahir kualitas pemain lokal dan naturalisasi tidak berbeda jauh. Satu hal yang membedakan hanya pemain naturalisasi banyak yang berkarier di luar negeri.

Gelandang bertahan berusia 30 tahun itu juga menyarankan PSSI untuk membuat laga uji coba pemain lokal vs naturalisasi. Tahir yakin pemain lokal bakal menang.

"Kita cuma kalah karena mereka main di luar negeri, kita di dalam negeri. Kalah itu saja, kalau kualitas kita 11-12 sama mereka. Tidak kalah jauh. Coba saja PSSI bikin uji coba pemain lokal dengan pemain naturalisasi," tutur Tahir.

"(Pemain lokal) bisa (menang), karena demi lambang dada, Garuda. Siapa pemain yang tidak mau main di timnas? Semua ingin main di timnas tinggal tunggu waktu dan momen. Banyak sekali pemain di Liga 1 yang potensial," ucapnya.

Tahir sejatinya tak mempermasalahkan langkah PSSI menaturalisasi pemain. Namun dengan jumlah yang terbatas.

"Bukan tidak setuju dengan naturalisasi. Boleh saja tapi tidak sebanyak ini," kata Tahir.

Saat ini Timnas Indonesia era Shin Tae-yong punya 11 pemain naturalisasi. Mereka adalah Marc Klok, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen.

Langkah PSSI belum selesai. Masih ada beberapa pemain yang akan dinaturalisasi lagi sebelum Juni 2024 seperti Maaten Paes dan Calvin Verdonk.

Topik Menarik