Timnas Indonesia Hajar Vietnam 3-0 di Hanoi, Pintu Masuk Menuju Piala Dunia Makin Terlihat!

Timnas Indonesia Hajar Vietnam 3-0 di Hanoi, Pintu Masuk Menuju Piala Dunia Makin Terlihat!

Olahraga | pandeglang.inews.id | Selasa, 26 Maret 2024 - 22:30
share

HANOI, iNewsPandeglang.id - Timnas Indonesia menaklukkan Vietnam dengan skor 3-0 pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam. Kemenangan ini membawa Indonesia menjaga asa untuk lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia 2026 berikutnya.

Peluang garuda untuk lolos ke Piala Dunia semakin terlihat. Dengan 7 poin, Indonesia berada di peringkat kedua Grup F, di bawah Irak yang memimpin dengan 15 poin.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memilih menggunakan formasi 5-4-1 dalam pertandingan tersebut, dengan memainkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sejak awal.

Kehadiran keduanya diharapkan dapat membuat perbedaan dalam pertandingan. Inisiatif menyerang diambil oleh Indonesia di awal pertandingan, sementara Vietnam memanfaatkan serangan balik.

Gol pertama tercipta di menit ke-8 melalui tendangan penjuru oleh Thom Haye yang dimanfaatkan oleh Jay Idzes untuk mencetak gol debutnya di Timnas Indonesia. Setelah tertinggal satu gol, Vietnam meningkatkan tekanan dengan menyerang. Mereka mendapatkan peluang emas melalui sundulan, namun beruntung bola berhasil diamankan oleh Ernando.

Indonesia kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-23 melalui gol yang dicetak oleh Ragnar Oratmangoen. Ragnar menunjukkan kelasnya dengan melakukan penetrasi melewati tiga pemain Vietnam sebelum melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya. Dengan gol ini, Indonesia unggul 2-0.

Vietnam juga menunjukkan determinasi mereka dengan tidak tinggal diam. Pada menit ke-32, Vietnam mengancam lewat tendangan bebas. Beruntung, Ernando berhasil melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola. Hal ini menjaga gawang Timnas Indonesia tetap aman.

Di akhir babak kedua, Vietnam semakin gencar menyerang. Beruntung, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Dengan demikian, Indonesia tetap unggul 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan komposisi pemain dengan menarik Asnawi dan Hokky Caraka, yang digantikan oleh Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri. Sementara itu, Vietnam bermain lebih agresif dalam upaya mengejar ketertinggalan, membangun serangan dengan umpan-umpan pendek.

Meskipun Vietnam memiliki beberapa peluang, penyelesaian akhir yang buruk membuat gawang Indonesia tetap aman. Ada momen menarik di pinggir lapangan ketika Messi Vietnam, Nguyen Quang Hai, yang sempat pemanasan, tidak dimainkan oleh Troussier. Quang Hai terlihat kecewa hingga berlinang air mata.

Di menit ke-80, banyak pemain Indonesia yang tergeletak di lapangan karena kram, termasuk kiper Ernando Ari. Meskipun Vietnam terus menggempur, Timnas Indonesia justru berhasil mencetak gol tambahan melalui Ramadhan Sananta di menit ke-90+8.

Susunan pemain Indonesia dalam pertandingan tersebut adalah sebagai berikut:
Indonesia (5-4-1): Ernando Ari, Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner, Asnawi Mangkualam, Nathan Tjoe A On; Thom Haye, Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Witan Sulaeman; Hokky Caraka.

Topik Menarik