Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Cuma Butuh 1 Kemenangan Lagi

Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Cuma Butuh 1 Kemenangan Lagi

Olahraga | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 21:47
share

HANOI, iNews.id - Skenario Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 menarik diulas. Skuad Garuda hanya butuh satu kemenangan lagi loh.

Situasi menyenangkan ini terjadi setelah Indonesia membantai Vietnam 3-0 pada matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB. Tiga gol kemenangan itu dicetak Jay Idzes menit ke-9, Ragnar Oratmangoen (23), dan Ramadhan Sananta (90+8).

Kemenangan ini sekaligus membuat Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena sedang menghuni peringkat dua klasemen Grup F dengan koleksi 7 poin. Mereka terpaut lima angka dari Irak yang sudah dipastikan pasti lolos ke putaran ketiga. Sementara Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin.

Ranking FIFA Timnas Indonesia usai membantai Vietnam 3-0 pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) malam WIB menarik diulas. (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia hanya tinggal menyisakan dua pertandingan di Grup F dengan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni mendatang. Dalam dua laga itu, Skuad Garuda bisa dibilang mendapat keuntungan karena bermain di hadapan publiknya sendiri.

Untuk lolos ke putaran ketiga, tim yang dinahkodai Shin Tae-yong ini hanya butuh satu syarat. Timnas Indonesia hanya butuh mengunci kemenangan di antara laga kontra Irak ataupun Filipina.

Pasalnya, jika sukses mengunci kemenangan d iantara dua laga terakhirnya, Timnas Indonesia total akan mengoleksi 10 poin. Jumlah tersebut sudah pasti tidak bisa dikejar Vietnam yang hanya punya poin maksimal sejumlah sembilan poin.

Jika berhasil melaju ke putaran ketiga, Timnas Indonesia juga akan lolos otomatis ke Piala Asia 2027. Oleh karena itu, Skuad Garuda wajib fokus untuk meraih kemenangan di dua pertandingan terakhirnya.

Kemenangan atas Vietnam ini sekaligus memutus tren negatif Timnas Indonesia di markas Vietnam. Setelah 20 tahun lamanya, akhirnya Skuad Garuda berhasil kalahkan The Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam- di Hanoi.

Ranking FIFA Timnas Indonesia usai membantai Vietnam 3-0 pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) malam WIB menarik diulas. (Foto: PSSI)

Terakhir kali Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Vietnam di Hanoi pada babak penyisihan grup Piala Tiger (selanjutnya menjadi Piala AFF) 2004.

Kala itu, Skuad Garuda yang dinahkodai Peter White berhasil kalahkan Vietnam dengan skor telak 3-0 lewat gol Mohammad Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma.

Topik Menarik