Turnamen Balap Sepeda Tour of Baturraden, Manjakan Peserta dengan Keindahan Alam

Turnamen Balap Sepeda Tour of Baturraden, Manjakan Peserta dengan Keindahan Alam

Olahraga | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 22:19
share

JAKARTA, iNews.id Turnamen balap sepeda, Tour of Baturraden digelar untuk kali pertama pada tahun ini. Keindahan alam Kabupaten Banyumas bakal memanjakan para peserta sepanjang ratusan kilometer trek yang terbentang.

Tour of Baturraden dijadwalkan berlangsung pada 25 Mei 2024. Turnamen balap sepeda itu diinisiasi komunitas sepeda BKT.CC yang didukung penuh Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Porabudpar) Banyumas.

Salah satu anggota BKT.CC, Indro Purwanto, pun mengungkapkan alasan pemilihan Baturraden sebagai tuan rumah ajang tersebut. Menurutnya, wilayah yang terdapat di Kabupaten Banyumas itu menawarkan keindahan alam dengan trek bersepeda yang menantang.

Turnamen balap sepeda, Tour of Baturraden digelar untuk kali pertama pada tahun ini. (Foto: IST)
Turnamen balap sepeda, Tour of Baturraden digelar untuk kali pertama pada tahun ini. (Foto: IST)

"Awalnya kami sepedaan ke Baturraden, ternyata treknya bagus juga menantang, termasuk dari sisi pariwisata dan kulinernya, kata Indro dalam konferensi pers Tour of Baturraden 2024 di Kuningan City, Jakarta, Kamis (29/2/2024) sore WIB.

Jadi kegiatan ini dibuat untuk menikmati keindahan alam melalui wisata bersepeda dengan rute yang cukup menantang, tambahnya.

Tour of Baturraden dibagi dalam dua kategori yakni Jagal Demit yang merupakan kelas race dengan trek sepanjang 127,8 km dan Gontai, yang merupakan kelas non-race dengan trek sepanjang 105,84 km.

Perjalanan dimulai dari Menara Pandang Teratai di Kota Purwokerto, Jawa Tengah untuk kemudian melintas rute berkelok-kelok yang dilatarbelakangi oleh pemandangan alam nan indah. Melintasi Kabupaten Banyumas dan mengunjungi daerah wisata Baturaden akan menjadi suguhan yang tak terlupakan bagi para peserta.

Terdapat empat pitstop di sepanjang rute, baik race maupun non-race, yang memberikan peserta kesempatan untuk rehat sejenak sebelum meneruskan kembali rute yang telah ditentukan. Selain itu, Bekatesese juga menyiapkan support car, ambulans dan technical support untuk mendukung keamanan dan kenyamanan bagi para peserta.

Terselenggaranya kegiatan Tour of Baturraden diharapkan dapat turut mempromosikan keindahan serta keragaman potensi pariwisata, budaya, kuliner, dan olahraga khususnya sport tourism di wilayah Banyumas. Hal itu diungkapkan Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Setia Rahendra.

Kami merasa bangga bahwa kegiatan Tour of Baturraden ini dapat diwujudkan. Kegiatan ini merupakan upaya untuk menampilkan keindahan alam sekaligus budaya dan kuliner lokal yang khas melalui acara bersepeda skala nasional, ucap Setia.

Dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas akan memberikan pengalaman bersepeda tersendiri baik kepada atlet dan pegiat olahraga sepeda. Selain itu, kehadiran bermacam makanan dan minuman khas setempat memanjakan lidah para peserta, tambahnya.

Bagi atlet dan pegiat olahraga bersepeda, pendaftaran early bird dimulai kembali pada 29 Februari, yang bertepatan dengan press conference Tour of Baturraden yang dilakukan di Kuningan City Mall, hingga 14 Maret 2024, di mana pendaftaran dapat dilakukan melalui website https://tourofbaturraden.com/.

Pengambilan racepack bagi para peserta dilakukan pada Jumat, 24 Mei 2024 di Menara Pandang Teratai. Di lokasi yang sama, Pemerintah Kabupaten Banyumas mengadakan expo UMKM kuliner pada 23 - 26 Mei 2024.

Topik Menarik