Timnas Indonesia Harus Hati-Hati, Pelatih Vietnam Siapkan Taktik yang Bikin Frustrasi Lawan

Timnas Indonesia Harus Hati-Hati, Pelatih Vietnam Siapkan Taktik yang Bikin Frustrasi Lawan

Olahraga | inews | Rabu, 28 Februari 2024 - 15:13
share

HANOI, iNews.id Timnas Indonesia harus hati-hati saat bentrok Vietnam bulan depan. Pasalnya, Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier, berjanji akan menyiapkan taktik yang bikin frustrasi lawan.

Indonesia vs Vietnam akan dua kali bertemu pada lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda akan main kandang lebih dulu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 21 Maret 2024. Kemudian, pasukan Shin Tae-yong bakal tandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, 26 Maret 2024.

Jelang pertandingan tersebut, Troussier mengkritik sepak bola Vietnam yang dinilainya terlalu mengandalkan kecepatan, fisik, dan kekuatan berduel seperti rugbi.

Di Vietnam, kebanyakan orang selalu berpikir sepak bola harus memenuhi kriteria kecepatan, fisik, dan kekuatan. Namun, itu lebih seperti rugbi atau judo," kata pelatih asal Prancis itu, dikutip dari The Thao 247, Rabu (28/2/2024).

"Memang benar dalam sepak bola terjadi perselisihan dan konfrontasi di lapangan, namun hal terbaik yang harus dilakukan dalam sebuah pertandingan adalah membatasi dan menghindari konfrontasi," ucapnya.

Untuk itu, opa 68 tahun itu berjanji akan mengubah permainan Timnas Vietnam agar lebih baik lagi dengan mengedepankan kecerdasan. Dia juga ingin anak asuhnya tidak mudah kehilangan bola dan membuat lawan frustrasi mengejarnya.

"Untuk itu, Anda tidak boleh mudah kehilangan bola dari lawan. Saya harus mengubah segalanya. Saya ingin para pemain menahan bola dan membuat lawan mengejarnya," mantan pelatih Timnas Jepang itu menjelaskan.

"Kami telah mengubah perspektif kami, mengubah para pemain dari atlet angkat besi menjadi lebih fleksibel dan bersaing dengan lebih cerdas, ujarnya.

Topik Menarik