Erick Thohir Singgung soal Taktik Timnas Indonesia, Sinyal Shin Tae-yong Bakal Diganti?

Erick Thohir Singgung soal Taktik Timnas Indonesia, Sinyal Shin Tae-yong Bakal Diganti?

Olahraga | inews | Senin, 29 Januari 2024 - 10:39
share

AL RAYYAN, iNews.id - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyinggung soal taktik Timnas Indonesia usai tersingkir dari Piala Asia 2023. Apakah ini sinyal Pelatih Tim Garuda Shin Tae-yong bakal Diganti?

Langkah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 terhenti usai kalah 0-4 dari Australia pada 16 besar di Stadion Jassim bin Hamed, Al Rayyan, Qatar, Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Timnas Australia pesta empat gol berkat bunuh diri Elkan Baggott pada menit ke-12, Martin Boyle (45), Craig Goodwin (89) dan Harry Souttar (90+1).

Meski Timnas Indonesia menelan kekalahan telak, Erick Thohir menilai Tim Garuda sudah tampil maksimal dan ingin memberikan yang terbaik. Dia juga menyebut, skuad Garuda punya modal bagus untuk semakin berkembang di masa depan.

"Di luar soal skor, saya nilai pemain sudah maksimal, ingin berikan yang terbaik, tampil lepas, semangat, dan tidak takut," kata Erick Thohir dikutip dari situs resmi PSSI, Senin (29/1/2024).

"Artinya, dari segi materi pemain inilah timnas terbaik kita. Tapi kita butuh lebih untuk penyempurnaan taktik dan strategi agar tim ini makin berprestasi," ucapnya.

Pernyataan pria yang juga menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu tentang taktik dan strategi Timnas Indonesia yang harus dikembangkan seolah mengarah kepada Pelatih Shin Tae-yong (STY). Apalagi, hingga kini masa depan arsitek asal Korea Selatan itu di Tim Garuda masih abu2.

Masa kerja STY akan berakhir 30 Juni 2024. Hingga kini belum ada tanda-tanda PSSI bakal memberinya kontrak baru.

Terlepas dari itu, Erick Thohir mengatakan Timnas Indonesia harus bisa mendapatkan target lebih besar di Piala Asia berikutnya, karena para pemain muda memiliki pengalaman berharga di edisi kali ini.

Erick Thohir juga tak ingin kekalahan dari Australia membuat semua orang bersedih terlalu lama. Sebab, menurutnya, masih ada prestasi lainnya yang bisa didapatkan, salah satunya Timnas Indonesia U-23 ditargetkan bisa menembus babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Saya berharap, kekalahan dari Australia tidak diratapi. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih. Saya percaya tim U-23 bisa masuk, 8 besar, ucap Erick Thohir.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei mendatang. Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.

Sementara pemain-pemain di Piala Asia 2023, sebagian besar bisa kembali tampil di Piala Asia U-23 2024. Ernando Ari, Pratama Arhan hingga Marselino Ferdinan merupakan pemain dibawah usia 23 tahun yang mendapatkan kesempatan bermain di level senior.

Lanjutan Piala Asia 2023 bisa disaksikan di RCTI, iNews dan Vision+.

Topik Menarik