Bos Persib Sebut Format Baru Akan Tingkatkan Nilai Liga 1

Bos Persib Sebut Format Baru Akan Tingkatkan Nilai Liga 1

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 21:42
share

JAKARTA -Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono menyambut positif format baru Liga 1 2023-2024. Menurutnya, perebutan juara melalui Championship Series akan meningkatkan nilai jual Liga 1 di hadapan pemirsa televisi.

Liga 1 musim depan resmi menggunakan format baru. 18 tim Liga 1 saling adu kekuatan di Regular Series, kemudian tim penghuni empat besar akan memperebutkan gelar juara lewat Championship Series.

Teddy pun membeberkan asal muasal format tersebut tercetus. Menurutnya, format tersebut merupakan salah satu pembahasan di Sarasehan PSSI di Surabaya pada awal Maret 2023 silam.

Karena sebenarnya kalau kita membahas mengenai format itu terjadi di acara Sarasehan di Surabaya, saat itu di Liga 1 18 klub berkumpul, diskusi, sebenarnya ide dasarnya mencari terobosan baru, kata Teddy di Senayan Park, Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Akhirnya tercetus format kompetisi seperti sekarang ditambah format Championship untuk empat besar, secara penglihatan publik pasti ada pro dan kontra tapi kami dari klub Liga 1 yang kita lihat adalah benefitnya apa sih? tuturnya melanjutkan.

Tambah Nilai Jual Liga 1

Teddy yakin format baru Liga 1 musim depan akan menambah nilai jual kompetisi di hadapan pemirsa televisi. Artinya, tim jawara Liga 1 musim depan tidak akan bisa tertebak meski kontestan sudah memainkan seluruh laga Regular Series.

Di luar sistem kompetisi pasti kita tahu ada kontranya, tapi kita harus melihat sisi yang lain bahwa dengan adanya empat besar, play-off, artinya juara belum akan ketahuan sampai Championship Series selesai, jelas Teddy.

Seperti kemarin di pekan 32 udah ketahuan juara siapa, secara entertainment di laga sisa jadi tidak menarik, pasti ada pro dan kontra, kami melihat dari sisi industri sepak bola memiliki nilai lebih tinggi, terangnya menambahkan.

Format lama membuat para pemirsa sudah tidak memiliki gairah untuk menyaksikan Liga 1. Sebab menurut Teddy, format lama memungkinkan suatu tim mengunci gelar juara sebelum kompetisi usai.

Sebagaimana PSM Makassar yang pada musim lalu dipastikan meraih gelar saat Liga 1 2022-2023 masih menyisakan dua pertandingan lagi. Itu sebabnya Teddy menilai format Liga 1 yang baru membuat kompetisi semakin seru.

Format seperti itu pasti ada nilai tambah lagi, ternyata kemarin saat H-1 kongres tahunan kami klub Liga 1 berkumpul lagi dan PT LIB menjelaskan proyeksi ke depan dari format baru, pungkasnya.

Topik Menarik