3 Negara Unggulan yang Berpotensi Rontok di Fase Grup SEA Games 2023, Nomor 1 Tuan Rumah!

3 Negara Unggulan yang Berpotensi Rontok di Fase Grup SEA Games 2023, Nomor 1 Tuan Rumah!

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 6 Mei 2023 - 08:01
share

3 negara unggulan yang berpotensi rontok di fase grup SEA Games 2023 menarik dikulik. Sebab, persaingan dalam perebutan tiket ke semifinal SEA Games 2023.

Ya, laga di cabang olahraga (cabor) sepakbola SEA Games 2023 terus berlanjut. Kini, pertandingan di cabor itu pun sudah memasuki matchday ketiga.

Sejumlah negara berhasil mendulang hasil manis sejauh ini sehingga tengah berjaya di klasemen sementara grup. Namun, beberapa negara lainnya gagal bersinar sehingga terpuruk di klasemen.

Melihat kondisi ini, beberapa negara diprediksi akan terhenti di fase grup, termasuk juga tim unggulan. Siapa saja mereka? Berikut 3 negara unggulan yang berpotensi rontok di fase grup SEA Games 2023.

3. Vietnam

Timnas Vietnam U-22

Salah satu negara unggulan yang berpotensi rontok di fase grup SEA Games 2023 adalah Vietnam. Pasanya, Timnas Vietnam U-22 tergabung di grup neraka.

Ya, Timnas Vietnam U-22 masuk Grup B di SEA Games 2023. Di grup itu, ada negara-negara kuat, yakni Malaysia hingga Thailand juga. Tak ayal, persaingan untuk lolos ke babak semifinal dari grup ini begitu ketat.

Kini, Timnas Vietnam U-22 sendiri sebenarnya duduk di puncak klasemen sementara Grup B usai mengumpulkan 6 poin dari 2 laga yang telah dijalani. Timnas Vietnam U-22 sukses mengalahkan Laos di laga perdana dengan skor 2-0 dan juga Singapura dengan skor 3-1.

Namun, posisi Timnas Vietnam U-22 tetap belum sepenuhnya aman. Sebab, sang juara bertahan masih menyisakan dua laga berat di Grup B, yakni melawan tim unggulan, seperti Thailand dan Malaysia.

Malaysia dan Thailand sendiri kini duduk di urutan kedua dan ketiga berurutan pada klasemen sementara Grup B. Namun, mereka baru melakoni 1 laga sejauh ini di Grup B. Jika berhasil tampil apik di laga-laga berikutnya, posisi Timnas Vietnam U-22 tentu saja terancam tergeser.

Timnas Vietnam U-22 sendiri tampak bermain kurang baik sejauh ini di SEA Games 2023. Salah satunya terlihat kala melawan Laos. Pengamat sepakbola Vietnam, Vu Man Hai, bahkan menilai tim asuhan Philippe Troussier itu tampil buruk dan tidak tampil lebih baik dibanding Laos. Hal itu dituding terjadi karena persiapan Vietnam yang buruk.

Hasil 2-0 mencerminkan situasi pertandingan yang benar dan psikologi pemain. Kami bermain dengan Laos seperti ini sulit, tidak sepadan dengan level antara kami dan Laos selama bertahun-tahun, kata Manh Hai, dikutip dari Soha.

Tentu saja semuanya ada alasannya. Secara keseluruhan seluruh tim sangat gugup. Kami memiliki persiapan yang buruk sebelum turnamen. Selain itu, di pertandingan pembuka, kedua tim tim bermain kesulitan, sambungnya.

2. Malaysia

Timnas Malaysia U-22

Kemudian, ada Malaysia. Sama seperti Vietnam, Timnas Malaysia U-22 juga harus menempuh jalan terjal untuk bersaing memperebutkan tiket ke semiinal SEA Games 2023. Sebab, mereka juga tergabung di grup neraka.

Timnas Malaysia U-22 sejauh ini baru melakoni satu laga di SEA Games 2023. Tim berjuluk Harimau Malaya Muda itu berhadapan dengan Laos di laga perdana. Hasilnya pun manis, mereka bisa menang telak dengan skor 5-1.

Timnas Malaysia U-22 pun kini bertengger di urutan kedua pada klasemen sementara. Namun, lawan-lawan sulit masih menanti Timnas Malaysia U-22 di fase Grup B. Bahkan nanti sore, mereka akan melawan salah satu tim unggulan di SEA Games 2023, yakni Thailand.

Jika gagal meraih hasil manis dalam laga itu, langkah Timnas Malaysia U-22 untuk lolos ke babak semifinal bisa jadi berat. Sebab, hanya dua tim yang akan lolos ke semifinal dari setiap grup.

1. Kamboja

Timnas Kamboja U-22

Terakhir, ada tuan rumah SEA Games 2023, Kamboja. Sejatinya, Timnas Kamboja U-22 memasang target tinggi di SEA Games 2023, yakni lolos ke babak final.

Timnas Kamboja U-22 sendiri tergabung di grup yang lebih mudah dari Malaysia dan Vietnam di SEA Games 2023. Mereka masuk Grup A bersama Timnas Indonesia U-22, Filipina, Myanmar dan Timor Leste. Selintas, hanya Timnas Indonesia U-22 yang bisa menjegal langkah Kamboja ke semifinal SEA Games 2023.

Namun dalam perjalanannya di fase grup, Timnas Kamboja U-22 ternyata mendapat halangan dari tim-tim lain. Salah satunya terjadi kala melawan Filipina. Dalam laga kedua Grup A itu, Timnas Kamboja U-22 ditahan imbang dengan skor 1-1.

Dengan begitu, Timnas Kamboja U-22 pun baru merebut satu kemenangan di Grup A. Mereka baru menang atas Timor Leste dengan skor 4-0.

Kini, Timnas Kamboja U-22 masih duduk di urutan kedua pada klasemen sementara Grup A. Namun, lawan-lawan sulit masih menanti mereka di Grup A. Tak ayal, kans mereka untuk lolos ke semifinal SEA Games 2023 dinilai bisa terancam. Timnas Kamboja U-22 masih akan melawan Myanmar U-22 dan juga sang pemuncak klasemen sementara Grup A, Timnas Indonesia U-22.

Topik Menarik