4 Penyebab Cahaya Lampu Gantung Berkedip, Pernah Mengalami?

4 Penyebab Cahaya Lampu Gantung Berkedip, Pernah Mengalami?

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 11:55
share

JAKARTA, iNews.id - Mungkin, kamu pernah melihat cahaya lampu gantung yang tiba-tiba berkedip secara tidak teratur. Selain mengganggu estetika, kondisi ini juga bisa membuat mata jadi pusing ketika berada di dalam ruangan tersebut.

Lantas, kenapa cahaya lampu gantung bisa berkedip? Yuk, simak beberapa penyebabnya berikut ini.

1. Bohlam sudah mulai longgar

Kondisi ini tentu akan membuat bohlam kekurangan suplai daya, sehingga cahayanya jadi berkedip. Tenang saja, kamu bisa mengencangkan kembali bohlam. Namun, matikan lampu terlebih dahulu, tunggu bohlam hingga dingin, baru kamu bisa kencangkan pada soketnya.

2. Perubahan voltase

Voltase adalah tegangan untuk mengukur seberapa kuat arus listrik yang bergerak. Nah, voltase yang tidak stabil dapat menyebabkan intensitas cahaya lampu jadi berkurang.

Misalnya, ketika tegangan turun, cahaya lampu bisa lebih redup, berkedip, atau bahkan mati untuk sementara. Sebaliknya, ketika voltase meningkat, cahayanya akan lebih terang.

3. Kelebihan beban listrik

Kelebihan beban listrik bisa terjadi ketika jumlah daya di rumah sudah melebihi kapasitas maksimum. Misalnya, kamu menyalakan lampu dan berbagai alat elektronik secara bersamaan.

Bila demikian, kabelnya akan mulai panas dan cahaya lampu gantung bisa mulai berkedip atau mati sesaat. Kondisi ini juga bisa menyebabkan lampu jadi lebih cepat rusak.

4. Permasalahan pada kabel

Penyebab terakhir adalah masalah pada kabel. Bisa saja kabel lampunya sudah aus karena terlalu lama dipakai, ada bagian yang kendur, atau salah saat pemasangan. Jadi, pastikan kamu langsung menggantinya karena kabel yang bermasalah bisa menyebabkan kebakaran.

Kalau memang sudah tidak bisa diatasi, kamu bisa langsung membeli lampu gantung yang baru hanya di ruparupa. Situs belanja online ini juga menjual perabot lainnya, seperti rak gantung , tempat tidur, dan kabinet dapur.

Bahkan, kamu pun bisa membeli perlengkapan rumah tangga terbaik dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Krisbow, Pet Kingdom, SELMA, Susen, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi.

Topik Menarik