Ini Penyebab Utama Gregoria Mariska Tunjung Sukes Singkirkan Carolina Marin di Semifinal Spain Masters 2023

Ini Penyebab Utama Gregoria Mariska Tunjung Sukes Singkirkan Carolina Marin di Semifinal Spain Masters 2023

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 2 April 2023 - 11:39
share

MADRID - Kemenangan manis diraih tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Spain Masters 2023 . Sebab Gregoria mamou menyingkirkan wakil tuan Rumah, Carolin Marin usai tampil luar biasa.

Gregoria melaju ke partai final setelah menang rubber gim saat berhadapan dengan mantan ratu dunia, Carolina Marin, di babak semifinal Spain Masters 2023. Duel antara keduanya berlangsung selama satu jam dengan kemenangan Gregoria 10-21, 21-15, 21-10.

Menurut pemaparan pelatih tunggal putri Indonesia, Herli Djaenudin, Gregoria berhasil mengalahkan Marin untuk pertama kalinya berkat strategi permainan yang berjalan baik. Gregoria ternyata mengubah strategi dan pola permainan hanya untuk mengalahkan Marin.

"Yang menjadi kunci kemenangan Gregoria adalah strategi dan pola permainannya diubah. Awalnya, seperti di gim pertama, dia kalah karena banyak mengadu permainan depan. Pada gim kedua dan ketiga, diubah menjadi pola permainan ke belakang dan berhasil," jelas Herli dikutip dari rilis PBSI, Minggu (2/4/2023).

Gregoria Mariska Tunjung

Herli memberikan instruksi kepada Gregoria untuk bermain lebih aman pada pertandingan tersebut. Dia ingin anak asuhnya itu bisa lebih mengurangi risiko kehilangan poin.

"Saya ingatkan ke Gregoria, kalau dalam posisi tidak enak, cukup memanjangkan saja pukulannya. Itu sudah cukup aman. Jangan mengajak lawan dengan bermain depan, karena kita tahu permainan depan Marin begitu bagus. Dengan pola permainan Gregoria seperti itu, risiko pengembaliannya menyangkut net, juga relatif sedikit," pungkasnya.

Kondisi fisik Gregoria yang terlihat mulai kelelahan juga menjadi salah satu alasan berubahnya pola permainan. Hal itu dilakukan agar pergerakannya menutup lapangan tidak terlalu jauh.

"Maklum, kejuaraan di Madrid ini adalah turnamen ketiga secara beruntun yang diikuti Gregoria," jelasnya.

Sebelum turut serta di Spain Masters, dara 23 tahun itu sudah terlebih dahulu mengikuti Swiss Open dan All England 2023.

Gregoria Mariska Tunjung

Tahun ini, Gregoria sudah mengikuti enam kejuaraan. Selain tiga yang sudah disebutkan di atas, dia juga melakoni Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters pada awal tahun.

Topik Menarik