Atlet Israel Main di Asian World Beach Games 2023 Bali, Ketua KOI Bilang Begini

Atlet Israel Main di Asian World Beach Games 2023 Bali, Ketua KOI Bilang Begini

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 2 April 2023 - 06:49
share

JAKARTA, iNews.id Atlet Israel bakal main di Asian World Beach Games (AWBG) 2023 Bali. Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, mengatakan pihaknya akan terus berkomunikasi kepada Gubernur Bali, I Wayan Koster.

FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni mendatang. Hal itu disebabkan adanya penolakan yang dilakukan Wayan Koster atas kedatangan Timnas Israel ke Pulau Dewata.

Peristiwa tersebut jelas menimbulkan kekhawatiran AWBG 2023 juga bakal batal dihelat di Bali pada 5-12 Agustus mendatang. Sebab turnamen olahraga pantai itu juga bakal diikuti delegasi dari Israel.

Raja Sapta menegaskan dirinya tak ingin AWBG 2023 dipolitisi karena komitmennya menjadikan olahraga sebagai alat pemersatu bangsa.

Oleh karena itu, sejak sekarang pihaknya akan terus pelan-pelan melakukan komunikasi dengan Wayan Koster agar turnamen tersebut tak bernasib sama dengan Piala Dunia U-20 2023.

World Beach Games itu kan prodak bagus cuman dengan euforia di Piala Dunia U-20 itu saya enggak mau dipolitisi. Pelan-pelan kita komunikasikanlah (dengan Gubernur Bali), kata Okto kepada awak media, termasuk iNews.id, saat ditemui dalam acara Pawai Obor SEA Games 2023 di Kawasan GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/4/2023).

Artinya saya enggak mau olahraga itu jadi alat pecah belah, karena sejak awal komitmen kita olahraga sebagai alat pemersatu. Itu juga yang saya sampaikan ke pak gubernur bahwa kita akan cari solusi yang terbaik seperti apa yang tanpa menyalahkan siapapun, tambahnya.

Lebih lanjut, Okto mengungkapkan bahwa sejauh ini Wayan Koster setuju olahraga adalah alat pemersatu bangsa. Tentu saja ini menjadi awal yang bagus untuk kesuksesan penyelenggaraan AWBG 2023.

Dan jawaban beliau juga bagus, setuju dengan itu, ujar Okto.

Topik Menarik