Biodata dan Agama I Wayan Koster Gubernur Bali yang Tolak Timnas Israel U-20 Bertanding di Pulau Bali

Biodata dan Agama I Wayan Koster Gubernur Bali yang Tolak Timnas Israel U-20 Bertanding di Pulau Bali

Olahraga | BuddyKu | Senin, 27 Maret 2023 - 19:33
share

SIMAK biodata dan agama I Wayan Koster , Gubernur Bali yang tolak Timnas Israel U-20 bertanding di Pulau Bali pada artikel Okezone ini.

Menjelang gelaran Piala Dunia U-20 , Indonesia harus dihadapkan dengan sebuat polemik yang sangat berat. Pasalnya, beberapa pihak menolak untuk Timnas Israel U-20 bermain di Indonesia di ajang tersebut. Salah satunya adalah Gubernur Bali, I Wayan Koseter.

Wayan Koster

Melalui surat nomor T.00.426/11470/SEKRET yang ditujukan langsung kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, I Wayan Koster secara lugas menolak Israel untuk bertanding di Pulau Dewata. Dalam surat tersebut, Gubernur Bali menuliskan jika kebijakan politik Israel terhadap Palestina tidak selaras dengan kebijakan politik Indonesia.

Akibat hal tersebut, banyak publik yang bertanya-tanya siapakah sosok I Wayan Koster tersebut. Oleh karena itu, berikut Okezone rangkum biodata dan agama I Wayan Koster, Gubernur Bali yang tolak Timnas Israel U-20 bertanding di Pulau Bali.

I Wayan Koster merupakan pria kelahiran 20 Oktober 1962 di Singaraja, Bali. I Wayan Koster merupakan seorang lulusan dari Institut Teknologi Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi International Golden Institut dan Universitas Negeri Jakarta.

I Wayan Koster diketahui memeluk agama hindu. Bahkan dirinya pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pemuda Hindu (PERADAH) Indonesia dan juga Sekretaris Jenderal DPP Prajaniti Hindu Indonesia.

I Wayan Koster mengawali kariernya di dunia pendidikan dan penelitian. Dirinya pernah menjadi seorang peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Depdikbud dan juga menjadi dosen di beberapa universitas di Indonesia.

I Wayan Koster mulai terjun di dunia politik pada usia 41 tahun dengan menjadi seorang Staf Ahli Kelompok Fraksi POKSI II F PDI Perjuangan selama satu tahun. Setelahnya, ayah dua anak ini mencalonkan diri di Pemilu Legislatif tahun 2004 dan terpilih menjadi seorang anggota Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda dan olahraga.

Wayan Koster

Pada pesta rakyat berikutnya, I Wayan Koster kembali menjadi anggota DPR RI pada periode 2009-2014 era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono serta periode 2014-2019 era Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Pada 2018, I Wayan Koster memutuskan untuk menjadi calon Gubernur Bali bersama Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. Degan perolehan suara 57,68%, pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan, Hanura, PAN, PKB, dan PKPI ini resmi terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Periode 2018-2023.

Topik Menarik