Erick Thohir Pastikan Liga 1, 2, dan 3 Bergulir Setelah Piala Dunia U-20 2023

Erick Thohir Pastikan Liga 1, 2, dan 3 Bergulir Setelah Piala Dunia U-20 2023

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 19 Maret 2023 - 21:03
share

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Dipastikan kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 langsung bergulir kelarPiala Dunia U-20 2023,kata KetuaUmum (Ketum) Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), Erick Thohir saat bertemu para Asprov PSSI di Jakarta, Minggu (19/3/2023).

Yang pasti untuk jangka pendek kita akan melakukan turnamen Liga 2 dan Liga 3 di Juni sampai September atau Oktober 2023, ini bersamaan dengan kompetisi Liga 1 dimulai, ujar Erick Thohir dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (19/3/2023).

Erick Thohir menambahkan, penyelenggaraan Liga 2 dan Liga 3 juga menjadi jawaban PSSI selama bagi pemain, pelatih, wasit, suporter, yang rindu menyaksikan tim kesayangannya kembali berlaga. Dengan begitu, Erick Thohir berharap tidak ada lagi perangkat pertandingan yang menganggur nantinya.

Artinya, isu mengenai pemain, wasit, pelatih menganggur, kita sudah melakukan terobosan dengan adanya turnamen Liga 2 dan Liga 3. Ini akan kita jalankan, ucap Erick.

Tak menunggu lama, Erick Thohir menyampaikan Liga 2 dan Liga 3 pun akan kembali bergulir. Rencananya dimulai pada Oktober atau November 2023.

Ini benar-benar habis Piala Dunia, langsung kita adakan kompetisi Liga 1 dan turnamen Liga 2 dan Liga 3, lalu ada lagi kompetisi untuk Liga 2 dan Liga 3 di Oktober atau November, lanjut Erick.

Lebih lanjut, Erick Thohir menyampaikan format kompetisi untuk Liga 2 dan Liga 3 tidak mengalami perubahan. Sementara untuk Liga 1, Erick mendapatkan masukan dari klub-klub Liga 1 terkait sistem kompetisi musim depan.

(Kompetisi) Liga 1 dari permintaan klub-klub, agak berbeda sedikit dan itu bagian bagaimana kita memastikan ekosistem sepak bola ini menjadi industri olahraga yang besar, sambung Erick.


Erick mengatakan penguatan ekosistem sepakbola menjadi concern dari banyak federasi sepakbola negara-negara lain di dunia. Hal ini Erick temukan saat berbincang dengan sejumlah federasi sepakbola dunia saat mengikuti Kongres FIFA di Rwanda.

Kemarin saya baru balik dari Rwanda, sama, ujung-ujungnya ekosistem sepakbola dunia yang menghasilkan kompetisi yang sehat dan akhirnya ada sumber pendanaan yang besar di mana FIFA memberikan kepada PSSI sekian, Arab Saudi sekian dan Italia sekian, ini yang memang jadi perhatian kita dalam melakukan perbaikan, ucap Erick Thohir.

Sebagai tambahan informasi,Piala Dunia U-20 2023bakal bergulir di Indonesia. Adapun penyelenggaraannya dimuulai pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Topik Menarik