5 Pemain Bola dengan Assist Terbanyak Sepanjang Masa

5 Pemain Bola dengan Assist Terbanyak Sepanjang Masa

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 19 Maret 2023 - 14:28
share

Sepak bola memang lebih memberikan sorotan lebih kepada para pencetak gol dari berbagai klub, mau itu klub besar yang bermain di liga elit, ataupun klub kecil yang masih merintis sekalipun. Padahal yang kita semua tahu dan sepakati adalah olahraga sepak bola, merupakan olahraga yang menggerakan 11 orang untuk saling bekerja sama mencapai kemenangan. Padahal selain pencetak gol, para pemberi assist jauh lebih sulit tugasnya namun sangat sedikit sekali sorotan yang didapatkan. Berikut ini adalah pemain sepak bola dengan assist terbanyak sepanjang masa.

Pencetak gol assist lebih sering dipandang sebelah mata karena peran mereka bukanlah yang memasukan bola ke gawang, namun yang mereka lakukan adalah menciptakan peluang untuk para striker agar bisa menciptakan gol. Secara teori tentu tugas para assist jauh lebih sulit, mereka dituntut agar bisa mengontrol bola dan permainan sehingga bisa membuka jalan untuk striker melepaskan tendangan ke arah gawang.

  1. Lionel Messi

Rekor assist terbanyak saat ini masih tetap dipegang oleh bintang Argentina yang kini bermain di PSG. Messi memang tak hanya pandai membuat gol, namun juga piawai dalam mengolah bola dan membuatnya menjadi peluang gol untuk pemain lain. Sejauh ini Messi sudah mencatatkan 372 assist sejak bersama Barcelona, dan tentu akan terus bertambah lagi setelah hijrah ke PSG sejak tahun 2021 lalu.

  1. Thomas Muller

Posisi kedua dipegang oleh Thomas Muller, pemain asal Jerman yang dijuluki sebagai playmaker dari Bayern Munich. Muller berhasil mengantongi 289 assist sepanjang karirnya, dan juga ikut dalam persaingan pencetak gol terbanyak bersama Messi dan juga Ronaldo.

  1. Luis Suarez

Pemain dengan assist terbanyak sepanjang masa selanjutnya ada Luis Suarez, pemain serba bisa dengan senyuman khasnya merupakan striker terbaik yang pernah dimiliki Argentina. Sepanjang karirnya ia sudah mengantongi 277 assist, hal tersebut membuktikan kalau Suarez selain sebagai striker handal ia juga seorang playmaker yang baik.

  1. Cristiano Ronaldo

Urutan selanjutnya ada bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo. Rival dari Lionel Messi ini memang lebih mentereng di prestasinya dalam mencetak gol, dan masih memegang rekor pencetak gol terbanyak nomor satu saat ini. Namun ia juga berprestasi dalam menghasilkan assist 272 kali, meskipun tidak sebanyak rivalnya, namun perolehan tersebut tetap bisa dikatakan impresif.

  1. Angel Di Maria

Sepertinya rekor assist lebih banyak diborong oleh pemain asal Argentina, pemain dengan perolehan assist terbanyak selanjutnya ada Angel Di Maria, gelandang asal Argentina tersebut memang sudah lama dikenal sering membuat peluang cantik. Terhitung dia sudah mengumpulkan 268 assist sejak dia memulai karir profesionalnya.

Topik Menarik