Kalahkan Malaysia, Thailand Bertemu Vietnam di Final Piala AFF 2022

Kalahkan Malaysia, Thailand Bertemu Vietnam di Final Piala AFF 2022

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 11 Januari 2023 - 07:04
share

RANGSIT, iNewsMedan.id - Timnas Thailand mengalahkan Malaysia 3-0 di leg II semifinal Piala AFF 2022. Kemenangan itu membuat Teerasil Dangda cs akan bertemu Vietnam di partai final.

Laga berlangsung di Thammasat Stadium, Rangsit, Selasa (10/1/2023). Gol Thailand dicetak Teerasil Dangda, Bordin Phala dan Adisak Kraisorn.

Thailand pun menang agregat 3-1 atas Malaysia. Final akan berlangsung 2 leg.

Jalannya Pertandingan

Begitu pertandingan dimulai, Thailand dapat sedikit lebih menguasai bola. Peluang lalu datang pada menit kesembilan. Sayang, sepakan Peeradon Chamratsamee masih belum menemui sasaran.

Pasukan asuhan Alexandre Polking itu terus mencoba untuk menembus pertahanan Malaysia. Peluang emas datang pada menit ke-13. Namun, sepakan mereka bisa dihentikan kiper Malaysia, Ahmad Syihan Hazmi.

Akhirnya skuad berjuluk War Elephant berhasil memimpin pada menit ke-19. Adalah Teerasil Dangda yang berhasil mencetak gol. Dia sukses meneruskan umpan kiriman Theerathon Bunmathan melalui tandukannya.

Tertinggal, Malaysia berusaha untuk menyerang balik. Walau demikian, mereka masih belum bisa menemukan celah pada barisan pertahanan tuan rumah yang begitu ketat.

Peluang terbaik Malaysia kemudian datang pada menit ke-36. Melalui serangan balik yang rapi, Darren Yee Deng Lok menanduk bola. Sayang, bola bisa ditangkap kiper Thailand, Kampol Pathomakkakul.

Malaysia terus mencari celah di pertahanan Thailand. Mereka nyaris menyamakan skor pada menit ke-42. Namun, mereka belum bisa menembus pertahanan Kampol Pathomakkakul. Thailand pun mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Babak Kedua

Begitu paruh kedua dimulai, baik Thailand dan Malaysia saling jual beli serangan. Meski begitu, nola lebih banyak tertahan di tengah lapangan, dan minim peluang tercipta.

Peluang untuk Thailand kemudian datang pada menit ke-52. Mereka memberikan serangan bertubi-tubi kepada Malaysia. Hanya saja, upaya mereka mampu dihentikan Ahmad Syihan Hazmi.

Thailand akhirnya berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-55. Bordin Phala sukses menjebol gawang Malaysia, melalui sepakan first-time. Keadaan itu membuat Thailand juga unggul pada skor agregat, 2-1.

Keadaan tersebut membuat para pemain Malaysia berusaha menyerang balik. Pada menit ke-60, Faisal Halim mencoba peruntungannya dengan sepakan dari luar kotak penalti. Namun, upayanya bisa dihentikan dengan mudah oleh Kampol Pathomakkakul.

Thailand kemudian sukses menambah keunggulannya pada menit ke-71. Memaksimalkan kemelut di depan gawang Malaysia, Adisak Kraisorn berhasil mencetak gol.

Ungguh jauh, Thailand terus melancarkan serangan. Mereka bahkan mendapat beberapa peluang. Namun, mereka tak dapat menambah keunggulan, sehingga harus mengakhiri laga dengan skor 3-0.

SUSUNAN PEMAIN

TIMNAS THAILAND

Kampol Pathomakkakul; Sasalak Haiprakhon, Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Suphanan Bureerat, Kritsada Kaman, Sarach Yooyen, Peeradon Chamratsamee, Bordin Phala, Ekanit Panya, Teerasil Dangda

Pelatih: Alexandre Polking

TIMNAS MALAYSIA

Ahmad Syihan Hazmi; Muhammad Azam Sharul Nazeem, Dominic Tan Jun Jin, Mohamad Faisal, Stuart John Wilkin, Darren Yee Deng Lok, Muhammad Fazly, Mohd Nor Hakim, Muhammad Mukhairi Ajmal, Brendan Seng Ling Gan

Pelatih: Kim Pan-gon

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul Hasil Piala AFF 2022: Bantai Malaysia, Thailand Tantang Vietnam di Final

Topik Menarik