5 Penyebab Vietnam Bakal Kalah dari Timnas Indonesia di Leg I Semifinal Piala AFF 2022, Nomor 1 Faktor Utama!

5 Penyebab Vietnam Bakal Kalah dari Timnas Indonesia di Leg I Semifinal Piala AFF 2022, Nomor 1 Faktor Utama!

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 10:29
share

SEBANYAK 5 penyebab Timnas Vietnam bakal kalah dari Timnas Indonesia di leg I semifinal Piala AFF 2022 akan diulas Okezone . Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Vietnam di leg I semifinal Piala AFF 2022 yang dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat, 6 Januari 2023.

Meski Vietnam diunggulkan karena bermain lebih atraktif di fase grup dan mempunyai ranking FIFA lebih tinggi (95 berbanding 151), bukan berarti Timnas Indonesia tidak memiliki peluang menang. Setidaknya ada lima alasan kenapa Vietnam bakal kalah dari Timnas Indonesia. Lantas, apa saja alasannya?

Berikut 5 penyebab Vietnam bakal kalah dari Timnas Indonesia di leg I semifinal Piala AFF 2022:

5. Vietnam Kelelahan

Timnas Vietnam

Timnas Indonesia sudah tiba di Indonesia sejak Rabu, (4/1/2023) pagi WIB, setelah sebelumnya bermain di Filipina pada Senin, 2 Januari 2023 malam WIB. Sementara skuad Vietnam sedang dalam perjalanan menuju ke Indonesia menuju pesawat.

Parahnya lagi, Nguyen Van Quyet dan kawan-kawan baru saja melakoni pertandingan pada Selasa, 3 Januari 2023 malam WIB. Karena itu, skuad Vietnam dilanda kelelahan, karena hanya punya waktu istirahat efektif satu hari pada Kamis, 5 Januari 2023.

4. Rekor Buruk Vietnam

Timnas Indonesia vs Vietnam

(Vietnam kalah 1-2 dari Timnas Indonesia di Stadion Pakansari)

Di ajang Piala AFF, Vietnam sudah dua kali bertandang ke markas Timnas Indonesia. Hasilnya, Vietnam tak pernah menang dengan catatan satu imbang dan satu kalah. Pertemuan pertama tersaji di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2002 yang dilangsungkan di SUGBK, yang mana skor sama kuat 2-2.

Pertemuan kedua tersaji di Stadion Pakansari pada leg I semifinal Piala AFF 2016. Hasilnya, tim yang kala itu dibesut Alfred Riedl menang 2-1 atas Vietnam. Kemenangan itu yang pada akhirnya membantu Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016, setelah di leg II semifinal skor sama kuat 2-2.

3. Jordi Amat Kembali

Jordi Amat

Jordi Amat kembali bermain bagi Timnas Indonesia setelah absen di laga kontra Filipina karena akumulasi kartu. Keberadaan Jordi Amat memberikan ketenangan di lini pertahanan Timnas Indonesia.

Pemain milik Johor Darul Takzim ini dinilai andal dalam membangun serangan dari belakang. Jangan lupakan juga, Jordi Amat berhasil mematikan bomber Thailand, Teerasil Dangda. Karena itu, penyerang Vietnam, Nguyen Tien Linh, dalam bahaya.

2. Nguyen Quang Hai Tak Optimal

Nguyen Quang Hai

Nguyen Quang Hai merupakan motor serangan Timnas Vietnam. Sayangnya, pemain yang merumput bersama klub kasta kedua Liga Prancis, Pau FC, ini tak dalam kondisi bugar, mengingat mengalami masalah hamstring di laga pertama kontra Laos.

Gelandang 25 tahun ini belum pernah tampil full 90 menit dalam empat laga yang dimainkan Vietnam di fase grup Piala AFF 2022 . Fakta ini tentunya menguntungkan Timnas Indonesia yang membidik kemenangan di kandang sendiri.

1.Ambisi Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong mempunyai ambisi mengalahkan Vietnam racikan Park Hang-seo. Selama menjadi pelatih Timnas Indonesia , Shin Tae-yong tiga kali beradu taktik dengan Park Hang-seo, yakni di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021.

Dalam tiga kesempatan itu, Shin Tae-yong tak pernah menang dengan catatan satu imbang dan dua kalah. Bahkan kekalahan diterima dengan skor telak, yakni 0-4 (Kualifikasi Piala Dunia 2022) dan 0-3 (SEA Games 2021).

Karena itu, ini merupakan momentum Shin Tae-yong menunjukan kualitasnya sebagai pelatih. Demi merealisasikan kemenangan ini, Shin Tae-yong tentunya membutuhkan bantuan dari Witan Sulaeman dan kawan-kawan, supaya tampil ngotot dan meminimalisir kesalahan.`

Topik Menarik