Tak Mau Vietnam Diserang Suporter Indonesia, Park Hang-seo Bilang Begini Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Tak Mau Vietnam Diserang Suporter Indonesia, Park Hang-seo Bilang Begini Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 06:34
share

HANOI Pelatih Tim Nasional (Timnas) Vietnam, Park Hang-seo merasa khawatir dengan keamanan para pemainnya jelang leg pertama semifinal Piala AFF 2022 kontra Timnas Indonesia . Pasalnya pelatih asal Korea Selatan itu khawatir rombongan timnya bakal diserang suporter Timnas Indonesia saat melakoni laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kekhawatiran Park Hang-seo itu memang bukan tanpa alasan. Sebab baru-baru ini kondisi para pemain Timnas Thailand sempat terancam saat bermain di kandang Timnas Indonesia ketika kedua tim berjumpa di babak penyisihan Grup A.

Hal itu tak terlepas dari insiden pelemparan batu terhadap bus rombongan Timnas Thailand. Pada momen itu, bus dikepung oleh banyak pendukung skuad Garuda saat Timnas Thailand ingin memasuki area SUGBK.

Bus Timnas Thailand diserang jelang lawan Timnas Indonesia

Beruntungnya tidak ada korban dalam insiden tersebut, hanya ada bagian kaca bus yang membawa rombongan Timnas Thailand yang pecah karena dilempar batu. Hal itulah yang membuat Park Hang-seo khawatir jelang melawan Timnas Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 pada Jumat 6 Januari 2023.

Park Hang-seo pun mengecam keras aksi anarkis yang diperlihatkan suporter Timnas Indonesia. Untuk mengatasi hal itu, Park Hang-seo sampai berniat mempersiapkan mental para pemainnya agar tidak goyah saat bermain di kandang Timnas Indonesia.

Ancaman penggemar ekstremis itu tidak diperbolehkan di sepakbola maupun di turnamen ini. Karena hal itu, saya juga harus mempersiapkan mental untuk pertandingan tersebut (lawan Timnas Indonesia), ujar Park Hang-seo, dilansir dari media Vietnam, The Thao 247, Rabu (4/1/2023).

Kendati demikian, Park Hang-seo cukup yakin panitia Piala AFF 2022 bakal berbenah dan mencegah hal serupa terjadi. Untuk itulah pelatih Timnas Vietnam itu merasa tak terlalu pusing memikirkan bagaimana keselamatan para pemainnya saat melawan Timnas Indonesia nanti.

Park Hang-seo

Timnas Thailand terancam di babak penyisihan grup ketika mereka menjadi tamu dari Indonesia. Menurut saya penyelenggara bakal mengambil tindakan (untuk mengantisipasinya), jadi saya tidak perlu terlalu khawatir tentang masalah ini, imbuh Park Hang-seo.

Leg pertama laga antara Timnas Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di SUGBK pada Jumat 6 Januari 2023. Lalu leg kedua akan dihelat di kandang Vietnam, yang berlangsung pada Senin 9 Januari 2023.

Topik Menarik