Mengenal Pele, Raja Sepak Bola Brasil Pencetak 757 Gol Sepanjang Karir

Mengenal Pele, Raja Sepak Bola Brasil Pencetak 757 Gol Sepanjang Karir

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:42
share

SAO PAOLO, iNewsBalikpapan.id - Pele raja sepak bola asal Brasil meninggal dunia di usia 82 tahun. Seluruh dunia berduka kehilangan sosok pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento itu.

Pele lahir di Tres Coracoes, Brasil pada 23 Oktober 1940. Pele memulai debut internasionalnya pada tahun 1957 di usia 16 tahun. Padahal, sebelumnya Pele sempat menerima penolakan dari beberapa klub lokal Brasil untuk memulai kariernya profesionalnya.

Setelahnya, Pele pun dipercaya untuk membela Brasil di Piala Dunia Swedia 1958. Hebatnya, Pele memiliki kontribusi yang besar dengan berbagai gol yang diciptakannya. Bahkan Pele pun langsung berhasil membawa pulang trofi Piala Dunia.

Kesuksesan Pele di ajang Piala Dunia pun tidak berhenti di situ saja. Beliau juga berhasil memenangkan dua gelar juara lainnya, yaitu pada tahun 1962 dan juga 1970, yang membuatnya menjadi pesepak bola tersukses di ajang Piala Dunia.

Sepanjang kariernya, Pele pun mampu mencetak 757 gol dalam 831 pertandingan selama kariernya yang gemilang dari tahun 1957 hingga memutuskan pensiun 1977.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, Pele didiagnosa menderita kanker usus besar yang membuat kondisi kesehatannya semakin menurun. Selain itu, Pele juga disebut mengalami gagal ginjal dan jantung yang memperburuk kondisinya.

Sebelumnya, Pele memang dikabarkan sudah tidak bisa menerima pengobatan kemoterapi yang dijalaninya. Oleh karena itu, legenda asal Brasil itu pun harus dipindahkan ke ruang paliatif sejak awal Desember lalu.

Tentu saja berita ini menjadi kabar duka yang bagi pada pecinta sepak bola di dunia. Pasalnya, Pele dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.

Selamat Jalan Pele!

Topik Menarik