Profil Pele, Sukses Cetak 757 Gol dalam 831 Pertandingan

Profil Pele, Sukses Cetak 757 Gol dalam 831 Pertandingan

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 06:46
share

SAO PAOLO, celebrities.id Profil legenda sepak bola asal Brasil, Pele, sangat inspiratif. Pasalnya, dia yang dikabarkan telah wafat di usia 82 tahun itu menorehkan catatan apik selama berkarier sehingga namanya akan selalu dikenang sebagai salah satu pesepak bola terbaik di dunia.

Pele lahir pada 23 Oktober 1940. Dia memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento. Dirinya pun akhirnya menjelma sebagai salah satu pesepak bola terbaik di dunia dengan berbagai pencapaian fenomenalnya.

Pele memulai debut internasionalnya pada 1957 di usia cukup muda, yakni 16 tahun. Padahal, sebelumnya Pele sempat menerima penolakan dari beberapa klub sepak bola kecil yang ada di Brasil untuk memulai kariernya profesionalnya.

Setelahnya, Pele pun dipercaya untuk membela Brasil di Piala Dunia Swedia 1958. Tak disangka-sangka, Pele memiliki kontribusi yang besar dengan berbagai gol yang diciptakannya. Bahkan, Pele pun langsung berhasil membawa pulang trofi Piala Dunia.

Kesuksesan Pele di ajang Piala Dunia pun tidak berhenti di situ saja. Dia juga berhasil memenangkan dua gelar juara lainnya, yaitu pada 1962 dan juga 1970, yang membuatnya menjadi pesepak bola tersukses di ajang Piala Dunia.

Sepanjang kariernya, Pele pun mampu menjadi lumbung gol bagi Timnas BrasilPelemencetak 757 gol dalam 831 pertandingan selama karirnya yang gemilang dari 1957 hinggamemutuskan pensiun1977.

Namun, dalam beberapa tahun, kondisi kesehatan Pele menurun. Dia didiagnosa menderita kanker usus besar. Selain itu, Pele juga disebut mengalami gagal ginjal dan jantung yang memperburuk kondisinya.

Sebelumnya, Pele memang dikabarkan sudah tidak bisa menerima pengobatan kemoterapi yang dijalaninya. Oleh karena itu, legenda asal Brasil itu pun harus dipindahkan ke ruang paliatif sejak awal Desember lalu dan harus merayakan Natal dari bed rumah sakit.

Tentu saja berita ini menjadi kabar duka yang bagi pada pecinta sepak bola di dunia. Pasalnya, Pele dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.

Topik Menarik