Luis Milla hingga Shin Tae Yong Bahas Masa Depan Sepak Bola Indonesia, Seminar Filanesia Dihidupkan Kembali

Luis Milla hingga Shin Tae Yong Bahas Masa Depan Sepak Bola Indonesia, Seminar Filanesia Dihidupkan Kembali

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 20:29
share

JAKARTA, celebrities.id - Sederet nama besar seperti Luis Milla, Bima Sakti hingga pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong berdiskusi membahas masa depan sepak bola Indonesia.

Ya, masa depan sepak bola Indonesia masih belum menentu. Selain banyak masalah domestik yang belum selesai, Indonesia juga tak kunjung berprestasi di kancah regional maupun internasional.

Berangkat dari fakta tersebut, PSSI menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai upgrade Filanesia (Filosofi Sepak Bola Indonesia) di Hotel Mercure, TB Simatupang, Kamis (8/12/2022).

PSSI bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam menggelar seminar Filanesia. Kegiatan itu sudah berlangsung sejak Selasa 6 Desember 2022 silam.

Sekadar diketahui, Filanesia sudah hilang tak terdengar sejak Luis Milla meninggalkan kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Padahal, filosofi tersebut sempat gencar digaungkan agar sistem sepak bola Indonesia mempunyai pedoman yang jelas.

Namun kini, PSSI mencoba untuk menghidupkan filosofi yang telah cukup lama mati suri itu. Dalam kegiatan yang akan berlangsung hingga 19 Desember 2022 itu, PSSI dan Kemenpora mendatangkan 16 narasumber kompeten yang sudah lama berkecimpung di sepak bola nasional.

Beberapa yang hadir pada acara itu deretan nama legenda Timnas Indonesia, sebut saja Bambang Pamungkas, Firman Utina, Ponaryo Astaman hingga Budi Sudarsono. Firman selaku eks kapten legendaris Timnas Indonesia pun mengapresiasi langkah PSSI karena memberikan kesempatan kepada pelaku sepak bola untuk memberi saran dan masukan.

Ini sangat luar biasa, kami dilibatkan dalam workshop ini, untuk mengupgrade lagi Filanesia. Ini hal yang baik dan bagus, dimana kami bisa memberikan masukan untuk sepak bola Indonesia di masa depan, kata Firman dilansir laman resmi PSSI, Kamis (8/12/2022).

Menariknya, seminar yang juga diisi agenda FGD itu juga dihadiri oleh pelatih-pelatih ternama. Eks pelatih Timnas Indonesia yang kini membesut Persib Bandung, Luis Milla juga ikut hadir secara virtual.

Selain Milla, pertemuan itu juga dihadiri oleh pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti dan pelatih Timnas wanita, Rudy Eka Priyambada. Tak sampai di situ, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga hadir virtual dari Bali!

Hal itu diketahui lewat Instastory yang diunggah Direktur Teknik (Dirtek), Indra Sjafri melalui akun pribadinya. Mereka pun tampak cukup antusias.

FGD upgrade kurikulum Filanesia dengan pelatih dan mantan pelatih Timnas @bimasakti_tukiman, @shintaeyong777, @luismilla, @rudyekapriyambadapro, tulis caption instastory yang diunggah pada Kamis (8/12/2022).

Di tengah kesibukannya menangani pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyempatkan diri untuk hadir pada pertemuan tersebut.

Sekadar informasi, filanesia lahir pada 9 November 2017 silam. Filosofi tersebut pun tercantum di dalam buku Kurikulum Pembinaan Sepak Bola Indonesia.

Tak hanya filosofi permainan, filanesia mengatur banyak hal, dari mulai pembinaan usia dini, pengembangan karakter pemain, penjenjangan latihan di lapangan hingga pengembangan teknik pemain. Filosofi tersebut diharapkan menjadi juru selamat yang memperbaiki sistem sepak bola Indonesia.

Topik Menarik