PIALA DUNIA 2022: Lengkap, Tim Lolos 16 Besar, 3 Wakil Asia

PIALA DUNIA 2022: Lengkap, Tim Lolos 16 Besar, 3 Wakil Asia

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 06:09
share

DOHA, PEDOMANMEDIA - Babak penyisihan grup telah tuntas dan menghasilkan 16 tim ke fase gugur. Asia menorehkan sejarah dengan menempatkan 3 wakilnya.

Korea Selatan dan Swiss menjadi negara terakhir yang merebut tiket tersisa. Korea Selatan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 secara dramatis. Son Heung-min dkk menang 2-1 atas Portugal di laga terakhir Grup H berkat gol di injury time.

Bertanding di Education City Stadium, Al Rayyan, Jumat (2/12/2022) malam WIB, Korea Selatan sempat tertinggal lebih dulu setelah Ricardo Horta mencetak gol cepat pada menit kelima. Kim Young-gwon mencetak gol balasan pada menit ke-27 untuk menyamakan kedudukan.

Korea akhirnya menang berkat gol Hwang Hee-chan di injury time. Taeguk Warriors akhirnya finis sebagai runner-up Grup H mendampingi Portugal yang sudah dipastikan lolos.

Satu tiket tersisa ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 kemudian direbut oleh Swiss. Swiss memenangi laga sengit melawan Serbia di Stadium 974, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB, dengan skor 3-2.

Swiss menemani Brasil dari Grup G untuk lolos ke fase knockout. Xherdan Shaqiri dkk sama-sama mengumpulkan enam poin, hanya kalah selisih gol dari Brasil.

Tim-tim Asia menunjukkan taringnya di Piala Dunia 2022. Menyusul keberhasilan Korea Selatan lolos ke babak 16 besar, sejarah tercipta di Qatar.

Korea Selatan menjadi negara konfederasi Asia ketiga yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Taeguk Warriors mengikuti jejak Jepang dan Australia.

Ini jadi sejarah. Untuk pertama kalinya, tiga negara dari konfederasi Asia masuk ke fase knockout di putaran final Piala Dunia.

Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E dan akan menghadapi Kroasia. Samurai Biru menumbangkan dua raksasa Eropa, Jerman dan Spanyol, di fase grup.

Sementara itu, Australia finis sebagai runner-up Grup D di bawah Prancis. The Socceroos mengalahkan Tunisia dan Denmark dalam perjalanannya menuju babak 16 besar.

Babak 16 besar Piala Dunia 2022 akan dimulai pada Sabtu (3/12/2022) malam WIB.

Daftar Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Grup A: Belanda, Senegal

Grup B: Inggris, Amerika Serikat

Grup C: Argentina, Polandia

Grup D: Prancis, Australia

Grup E: Jepang, Spanyol

Grup F: Maroko, Kroasia

Grup G: Brasil, Swiss

Grup H: Portugal, Korea Selatan

Topik Menarik