Loading...
Loading…
Dirangkul Ronaldo, Ini Sosok Stephanie Frappart Si Wasit Wanita Pertama Piala Dunia 2022

Dirangkul Ronaldo, Ini Sosok Stephanie Frappart Si Wasit Wanita Pertama Piala Dunia 2022

Powered by BuddyKu
Olahraga | Indozone | Kamis, 01 Desember 2022 - 15:13

Nama Stephanie Frappart meroket di Piala Dunia Qatar 2022. Pasalnya, Frappart menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Piala Dunia pria.

Wasit wanita asal Prancis itu ditugaskan mengadili laga lanjutan Grup E antara Kosta Rika vs Jerman di Stadion Al Bayt, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Lantas siapakah sosok Stephanie Frappart? Berikut Indozone bahas sekilas mengenai sosok wasit wanita pertama di Piala Dunia 2022.

Fakta menariknya, wasit wanita Stephanie Frappart sempat berfoto dengan Cristiano Ronaldo sebelum laga Portugal vs Ghana di Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) lalu.Frappart menjadi ofisial keempat pada pertandingan tersebut.

Kapten timnas Portugal itu tampak merangkul sang wasit. Keduanya tersenyum lebar dalam bidikan kamera.

Stephanie Frappart
Stephanie Frappart berfoto dengan Cristiano Ronaldo sebelum pertandingan Portugal vs Ghana di Piala Dunia 2022. (REUTERS/Hannah Mckay)

Profil Stephanie Frappart

Stephanie Frappart lahir 14 Desember 1983. Dia sudah masuk Daftar Wasit Internasional FIFA sejak usia 26 tahun tepatnya tahun 2009 silam.

Frappart menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan besar pria Eropa dan pertandingan Ligue 1 Prancis, keduanya pada tahun 2019.

Dia juga menjadi wasit wanita pertama yang mengadili pertandingan Liga Champions UEFA pada tahun 2020 yakni di laga Juventus melawan Dynamo Kyiv.

Pada tahun 2021, Frappart menjadi wanita pertama yang bertanggung jawab atas pertandingan Kualifikasi Piala Dunia putra antara Belanda kontra Latvia.

Tahun 2022 ini, Frappart terpilih sebagai 1 dari 3 wasit utama wanita yang menjadi bagian dari 129 ofisial Piala Dunia 2022 yang diumumkan bulan Mei lalu.

Stephanie Frappart
Stephanie Frappart, wasit wanita pertama di Piala Dunia 2022. (REUTERS/Hannah Mckay)

Perjalanan Karir Wasit Stephanie Frappart

Frappart dibesarkan di Herblay-sur-Seine, Prancis dan mulai menjadi wasit pertandingan remaja pada usia 13 tahun. Pada saat berusia 18 tahun, dia sudah menjadi wasit pertandingan nasional U-19.

This Thursday, an all-female refereeing trio will take charge of a mens @FIFAWorldCup match for the first time.

Stphanie Frappart will be joined by assistants Neuza Back and Karen Diaz in overseeing @fedefutbolcrc against @DFB_Team .

History in the making! ???? pic.twitter.com/KusT7SOUn9

FIFA.com (@FIFAcom) November 29, 2022

Stphanie Frappart akan didampingi asisten wasit wanita (hakim garis) juga, Neuza Back dari Brazil dan Karen Diaz dari Meksiko dalam pertandingan Kosta Rika vs Jerman, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Selain Frappart, wasit wanita Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang juga masuk dalam daftar 36 wasit utama yang bakal mengadili 64 pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{