Terungkap! Ini Asal Mula Julukan Garuda untuk Timnas Indonesia

Terungkap! Ini Asal Mula Julukan Garuda untuk Timnas Indonesia

Olahraga | BuddyKu | Senin, 15 Agustus 2022 - 10:14
share

JAKARTA, iNews.id- Timnas Indonesia banyak dikenal dengan julukan Tim Garuda. Begini asal mula julukan Garuda itu

Secara sekilas, mungkin asal julukan Tim Garuda untuk Timnas Indonesia sudah cukup jelas. Apa lagi jika bukan karena lambang negara Indonesia yang merupakan burung Garuda.

Julukan Tim Garuda pertama kali diberikan John Halmahera lewat tulisannya yang berjudul Garuda, Layakkah Jadi Harapan PSSI?, yang terbit pada tahun 1984 silam.

Penyandang pertama julukan Tim Garuda adalah timnas junior PSSI era 1983. Ketika itu, Timnas Indonesia memang menghadapi beberapa cobaan dalam mengikuti kompetisi.

Setelah serangkaian kegagalan itu, Tim Garuda I dibongkar. PSSI membentuk lagi Tim Garuda Il pada 1987 untuk dibina jangka panjang jelang SEA Games 1987 dan 1991.

Di kedua pesta olahraga se-Asia Tenggara itu, Indonesia merebut emas cabang sepakbola. Sejak saat itu, julukan Tim Garuda selalu melekat dengan timnas Indonesia.

Di manapun Timnas Indonesia bermain, baik di level senior, junior, atau timnas putri, para penggemar serta media selalu memberikan sebutan Tim Garuda kepada tim yang membela merah-putih.

Topik Menarik