Miris! Juara Piala AFF U-19 2013, Hanya Satu yang Bertahan di Timnas Indonesia Senior

Miris! Juara Piala AFF U-19 2013, Hanya Satu yang Bertahan di Timnas Indonesia Senior

Olahraga | indosport.com | Minggu, 3 Juli 2022 - 14:31
share

INDOSPORT.COM - Kompetisi Piala AFF U-19 2022 tengah berlangsung. Apakah para pemain bisa mempertahankan karir hingga main di Timnas Indonesia Senior?

Hal itu yang menjadi sorotan komentator dan pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel. Ia khawatir Marselino Ferdinan dkk mengalami star syndrome.

Berkaca pada pengalaman beberapa tahun lalu, Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013 di Sidoarjo, Jawa Timur.

Para pemain langsung dielu-elukan, tapi pada akhirnya satu per satu tersingkir dari Timnas Indonesia, bahkan beberapa dari mereka tak lagi bermain di level Liga 1.

"Di Piala AFF U-19 ini memang Indonesia pernah juara tahun 2013, di generasi Evan Dimas, jadi hype yang luar biasa," ungkap Tommy Welly alias Bung Towel di Youtube.

"Ada Evan Dimas, Zulfiandi, Hargianto, ada Hansamu Yama, Syahrul Kurniawan, Putu Gede, Fatchur Rochman," sebutnya lagi.

"Di depannya ada Ilham Udin, lalu Muchlis Hadi Ning, ada Maldini Pali, Dinan Javier."

Di antara nama-nama tersebut, saat ini tidak ada lagi yang dipanggil oleh pelatih Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia senior.

Maka dari itu, Bung Towel berharap, bukan gelar juara Piala AFF U-19 yang penting, tapi bagaimana pemain bisa berproses sampai menjadi tumpuan masa depan Timnas.

"Terlepas Timnas Indonesia U-19 juara atau tidak, menurut saya karena konteksnya Timnas U-19 adalah masih terus berproses, maka kita harus kawal terus dengan baik."

"Supaya kita tidak mengulangi apa yang terjadi di masa lalu. Tahun 2013 kita juara Piala AFF U-19 di Sidoarjo, saat Indonesia bisa menang adu penalti lawan Vietnam."

Topik Menarik