Sirkuit KymiRing Terancam Bangkrut, MotoGP Finlandia Cuma Angan-angan?

Sirkuit KymiRing Terancam Bangkrut, MotoGP Finlandia Cuma Angan-angan?

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 3 Juli 2022 - 09:26
share

KAUSALA MotoGP Finlandia tampaknya hanya sekadar angan-angan saja. Bagaimana tidak, belum sempat menggelar balapan, kini Sirkuit KymiRing, yang merupakan tuan rumah seri tersebut, dilaprkan terancam bangkrut.

Seperti diketahui, trek yang berlokasi di Kausala itu awalnya direncanakan menggelar balapan MotoGP Finlandia pada 2020 lalu. Namun, sampai dua tahun setelah itu balapan tersebut tak kunjung dihelat dan bahkan kembali dibatalkan tahun ini.

Belum juga kesampaian melihat Fabio Quartararo dan kolega beraksi di Finlandia, sekarang Sirkuit KymiRing justru diterpa kabar buruk. Pihak pemilik trek sepanjang 4,65 km itu diambang kebangkrutan.

Dilansir dari The Race, Minggu (3/7/2022), media lokal mengabarkan bahwa Pengadilan Distrik Paijat-Hame memutuskan pemilik trek KymiRing pada awal pekan ini dalam petisi kebangkrutan yang diajukan oleh perusahaan konstruksi.

Dua di antara isi petisi itu mengatakan bahwa sang pemilik memiliki tagihan yang belum dibayar sebesar 600 ribu Euro (Rp9,37 miliar).

Kami menyadari bahwa aplikasi telah diajukan. Namun, kami belum menerima aplikasi, jadi kami tidak berkomentar pada tahap ini, kata CEO KymiRing, Riku Ronholm, dikutip dari The Race.

"Dewan direksi dan pemilik KymiRing akan membahas masalah ini secara internal hari ini dan secara lebih rinci setelah aplikasi dan isinya diterima, imbuhnya.

Kabar tersebut jelas menjadi pukulan lebih lanjut bagi pihak KymiRing. Pasalnya, pada Mei 2022 lalu Dorna telah memutuskan bahwa MotoGP Finlandia 2022 dibatalkan yang salah satu alasannya karena konstruksi sirkuit yang belum selesai.

Selain itu, situasi geopolitik yang terpengaruh akibat invasi Rusia ke Ukraina juga menjadi penyebab balapan tersebut dibatalkan.

Akan tetapi, diyakini bahwa konstruksi sebenarnya telah terhenti jauh lebih lama dari itu karena hanya sedikit kemajuan yang dibuat dari sejak pertama kali dicoba oleh para test rider MotoGP pada 2019 lalu.

Dorna sendiri pada akhirnya memutuskan bahwa balapan MotoGP Finlandia ditunda hingga 2023 mendatang. Akan tetapi, dengan munculnya kabar ancaman kebangkrutan dari pemilik trek bisa jadi balapan tersebut hanyalah sebuah angan-angan saja.

Jika benar-benar tidak jadi menggelar MotoGP, maka KymiRing bakal masuk jajaran proyek sirkuit yang batal menghelat balapan kuda besi paling elite di dunia itu meski sebelumnya telah dimasukkan ke dalam kalender.

Di antara trek yang gagal tersebut adalah Sirkuit Wales yang hancur di inggris, ada juga di Rio de Janeiro, Balatanring Hungaria dan beberapa trek di Indonesia sebelum akhirnya sukses membangun Sirkuit Mandalika.

Topik Menarik