Biji Rami, Biji-Bijian yang Ampuh Atasi Sembelit

Biji Rami, Biji-Bijian yang Ampuh Atasi Sembelit

Olahraga | skor.id | Sabtu, 2 Juli 2022 - 14:30
share

SKOR.id - Konstipasi atau sembelit adalah kondisi yang ditandai dengan susah buang air besar (BAB) atau frekuensi BAB lebih sedikit dari biasanya.

Seseorang dianggap mengalami sembelit ketika mereka buang air besar kurang dari tiga kali dalam sepekan, fesesnya keras, kering atau menggumpal, ada perasaan sakit atau kesulitan saat BAB.

Mengalami sembeli sangat umum terjadi, namun beberapa mengalaminya secara kronis dan ini dapat mengganggu kemampuan mereka untuk beraktivitas sehari-hari.

Ketika kondisi sembeli sudah parah, seperti mengeluarkan darah saat BAB, rasa sakit terus-menerus pada bagian perut, sudah buang gas, demam, hingga muntah maka sebaiknya konsultasi pada dokter.

Penyebab Sembelit

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive Diseases (NIDDK), ada beberapa penyebab sembelit, antara lain lambatnya pergerakan tinja melalui usus besar, keterlambatan pengosongan usus besar karena gangguan di dasar panggul, gaya hidup tidak sehat, serta beberapa masalah kesehatan dan gizi.

Penting untuk diketahui bahwa konstipasi dapat terjadi karena kurangnya serat dalam makanan, serta gaya hidup yang kurang bergerak atau obesitas.

Beberapa makanan seperti kentang goreng, daging merah, dan makanan cepat saji sebaiknya juga dihindari untuk menghindari kontsipasi atau sembelit.

Sementara makanan kaya serat termasuk sayuran, roti gandung, buah-buahan baik untuk mencegah sembelit. Selain itu, biji rami atau flax seed juga dianggap sebagai sumber serat larut yang bagus untuk melancarkan BAB.

Biji Rami, Efektif Lawan Sembelit

Baji rami berukuran kecil, berwarna cokelat, dan memiliki rasa yang sanat ringan. Biji rami mudah dicerna dan dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan, terutama pencernaan.

Sebagaimana dijelaskan Mayo Clinic, selain serat, biji rami juga kaya akan asam lemak omega 3, serta fitokimia yang merupakan antioksidan.

Nutrisi ini umumnya digunakan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan meringankan masalah sembelit. Selain itu dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Satu sendok biji rami (Sekitar 7 gram) mengandung 2 gram serat makanan, 2 gram asal lemak tak jenuh ganda dan 37 kalori.

Cara terbaik mengonsumsi biji rami sebagai obat sembelit adalah dengan menyiapkan campuran sesendok biji rami dengan secangkir air dan biarkan semalaman untuk melepaskan gel yang bertanggung jawab memfasilitasi transit usus.

Kemudian biji rami yang direndam dapat diminum keesokan harinya untuk sarapan, bisa juga dicampur dengan yoghurt agar terasa lebih nikmat.

Berita Bugar Lainnya

9 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Sendi Berkepanjangan

Ini Waktu Terbaik untuk Sarapan Tanpa Takut Kegemukan

&
Topik Menarik