Tips untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Seiring Bertambahnya Usia

Tips untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Seiring Bertambahnya Usia

Olahraga | skor.id | Jum'at, 1 Juli 2022 - 12:20
share

SKOR.id - Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatkan minat untuk lebih memahami immunosenescence, yang didefinisikan sebagai perubahan sistem kekebalan seiring bertambahnya usia dan terutama selama tiga tahun berlangsungnya pandemi Covid-19 ini.

Dengan kata lainnya,disfungsi imunitas yang dikarenakan faktor usia.

Pakar kesehatan bersikeras bahwa itu tidak hanya menghasilkan penurunan jumlah sel untuk melawan infeksi, namun juga perubahan fungsi pertahanan tubuh manusia, termasuk respons terhadap vaksin.

Perubahan ini tidak penting dalam kesehatan normal, tapi orang yang lebih tua mungkin tak mengalami peningkatan respons imun yang memadai ketika menghadapi infeksi baru.

Tanda-tanda sistem kekebalan tubuh lemah
Dalam sebuah wawancara dengan HT Lifestyle, Dr Sonam Solanki, Konsultan Pulmonolog dan Bronchoscopist di Rumah Sakit Masina di Byculla Mumbai, berbagi, Banyak faktor seperti infeksi masa kanak-kanak dan faktor genetik berkontribusi kepada sistem kekebalan yang buruk tetapi stres, pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tak banyak bergerak juga menyebabkan immunosenescence dipercepat."

"Segala bentuk stres: seperti fisik/psikologis/emosional ataupun lingkungan, menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh."

"Misalnya, kortisol adalah hormon steroid alami yang diproduksi dalam tubuh. Level kortisol meningkat selama stres, yang menekan efektivitas sistem kekebalan seseorang dalam melawan infeksi dan meningkatkan respons imun adaptif."

Berbicara tentang bagaimana stres terkait dengan penyakit kardiovaskular, maka Dr Praveen Kulkarni, Ahli Jantung Senior, di Rumah Sakit Global di Parel Mumbai, mengatakan, Salah satu faktor penyebab utama penyakit kardiovaskular adalah stres."

"Stres akut dan kronis dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular dalam berbagai cara."

"Keadaan inflamasi adalah salah satu yang menyebabkan stres. Ada lonjakan kadar adrenalin ketika ada banyak peradangan, pembengkakan di sekitar atau kelainan hormonal."

"Ini menghasilkan kondisi detak jantung yang tak teratur, tekanan darah yang tak menentu, dan pola tidur yang tidak teratur."

"Gaya hidup dan tidak aktif adalah faktor lain. Mereka mengembangkan resistensi insulin membuat mereka lebih rentan terhadap diabetes."

"Semua faktor tersebut bersama-sama meningkatkan risiko penyakit jantung secara signifikan pada pasien yang mengalami stres kronis."

"Ini yang pada gilirannya dapat menyebabkan penyumbatan, penumpukan plak menyebabkan serangan jantung.

Dia menegaskan ini adalah salah satu cara di mana stres dapat mempengaruhi jantung dan menimbulkan hipertensi, yang menempatkan pasien pada risiko diabetes, obesitas dan akhirnya menyebabkan serangan jantung.

Dr Praveen Kulkarni menambahkan, Sindrom patah hati adalah entitas lain yang berbeda yang terjadi ketika stres menyebabkan penyakit jantung, juga disebut penyakit Takotsubo."

"Ketika individu rentan terkena stres emosional akut, detak jantung mereka turun tiba-tiba, yang menyebabkan gagal jantung akut, kelainan ritme dan dalam kasus yang jarang terjadi, kematian mendadak."

"Gejala ini dikaitkan dengan lonjakan hormon tiba-tiba setelah trauma parah atau diucapkan atau stres emosional. Ini adalah kondisi sementara dan pada akhirnya, jantung akan pulih dengan pengobatan dan dukungan."

"Ini adalah entitas unik yang disebut sindrom patah hati dan dikaitkan dengan jumlah stres yang parah.

Tips menjaga daya tahan tubuh dari penuaan:
Diet sehat berkontribusi pada kesejahteraan umum individu dan juga penting untuk sistem kekebalan tubuh. Dr Sonam Solanki menginformasikan, Kekurangan makronutrien (lemak/karbohidrat dan protein) dan mikronutrien (Vitamin B6/12/E/asam folat/seng/tembaga/besi/selenium dan asam lemak esensial) telah didalilkan untuk berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat."

"Jika ada kekurangan gizi, melengkapi dan mengoreksi mencegah penuaan kekebalan. Tidak ada cukup bukti untuk menyimpulkan bahwa suplemen nutrisi umum membantu memperlambat penuaan.

Mengungkap bahwa efek peningkatan fungsi kekebalan pada resistensi inang terhadap infeksi pada individu yang sehat tidak jelas, dia menyarankan, Probiotik dan usus yang sehat diketahui dapat meningkatkan fungsi kekebalan."

"Asupan rokok/alkohol dan zat-zat lain secara tidak langsung mengakibatkan gizi buruk/defisiensi gizi dan dengan demikian menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang buruk."

"Aktivitas fisik dan olahraga adalah aspek kehidupan lain yang akan membantu kekebalan seseorang secara perlahan."

"Selama berolahraga, sirkulasi sel-sel kekebalan di sekitar tubuh meningkat, dan peningkatan kekebalan jaringan dicatat. Olahraga juga memiliki efek tidak langsung dalam mengurangi stres dan peradangan, yang juga meningkatkan kekebalan. Ini memberikan kontribusi yang baik untuk nutrisi yang baik juga."

"Latihan kekuatan, latihan beban, HIIT (pelatihan interval intensitas tinggi) dan jalan kaki semua berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat. Cara praktis lain untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari penuaan adalah dengan mengambil vaksin yang direkomendasikan tepat waktu."

"Komponen gaya hidup sehat lainnya seperti kebersihan tidur dan hidrasi sama pentingnya untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. ***

Vitamin D Dapat Membantu Mengurangi Risiko Penyakit Autoimun

Tingkatkan Hasrat Seksual dan Tunda Penuaan dengan Makanan Super Ini

&
Topik Menarik