Loading...
Loading…
Yuk Ketahui Sistem Penilaian Pada Bulu Tangkis, Bagaimanakah Sistemnya?

Yuk Ketahui Sistem Penilaian Pada Bulu Tangkis, Bagaimanakah Sistemnya?

Powered by BuddyKu
Olahraga | Sportstars | Selasa, 07 Juni 2022 - 05:50

JAKARTA -Sistem penilaian pada bulu tangkis menjadi topik menarik yang akan dibahas. Olahraga bulu tangkis menjadi salah satu olahraga yang tengah populer di masyarakat. Bulu tangkis disukai oleh berbagaikalangan usia.

Hingga kini, olahraga bulutangkis sering dikompetisikan baik tingkat nasional maupun internasional. Setiap pebulutangkis haruslah menguasai teknik-teknis dasar bulu tangkis.

Selain itu, peraturan dalam pertandingan bulu tangkis harus mereka ketahui dan patuhi termasuk sistem penilaian. Kira-kira seperti apa penilaiannya? Berikut Sportstars akan tampilkan informasi sistem penilaian pada bulu tangkis.

Sistem Penilaian Pada Bulu Tangkis

Berikut informasi sistem penilaian pada bulu tangkis yang dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

1. Sistem Reli Poin

Sistem Penilaian Pada Bulu Tangkis kali ini diawali dari sistem reli poin. Sistem reli poin akan berlaku jika salah satu peserta bulu tangkis sudah mencapai 21 poin.

Otomatis ia akan memenangkan set. Namun sistem reli poin tidak akan berlalu jika ada deuce atau perpanjangan waktu karena kedua peserta masih saling mengejar poin satu sama lain.

Jika salah satu peserta sudah mencapai 29 poin dan belum ada selisih 2 poin, maka pemenangnya akan ditentukan oleh peserta yang dapat meraih poin ke 30.

2. Sistem Interval

Sistem interval merupakan sistem terbaru yang sudah diberlakukan sejak beberapa tahun lalu. Setiap peserta mencapai 11 poin dalam tiap set, maka peserta diberi waktu istirahat 1 menit. Setelah itu, pertandingan dilanjutkan hingga selesai.

Sistem interval istirahat selama 2 menit akan diberikan jika pertandingan harus dilanjutkan sampai set ke 3. Jadi setiap peserta akan dapatkan waktu yang lama untuk menyusun strategi.

3. Sistem Servis

Di dalam peraturan bulu tangkis ada aturan untuk menentukan sisi lapangan yang akan menjadi tempat servis pemain. Aturan tersebut ditentukan dari poin ganjil dan genap.

Jika pemain mencapai poin ganjil maka ia akan dapat kesempatan servis di lajur kiri sedangkan poin genap dapat melakukan servis di lajur kanan.

Demikian informasi mengenai sistem penilaian pada bulu tangkis. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pembaca setia Sportstars mengenai olahraga bulu tangkis.

Original Source

Topik Menarik