4 Alasan Mengapa Petinju Menggunakan Sarung Tinju

4 Alasan Mengapa Petinju Menggunakan Sarung Tinju

Olahraga | sindonews | Kamis, 7 April 2022 - 15:30
share

Terdapat sejumlah alasan mengapa petinju menggunakan sarung tinju. Alasan utama sarung tinju digunakan dalam olahraga tinju adalah untuk melindungi tangan petinju dari cedera.

Cedera tangan sangat umum dalam olahraga pertarungan, meskipun menggunakan sarung tangan. Karena itu, sangatlah penting bagi seseorang yang berlatih dalam olahraga tarung seperti tinju untuk mengenakan sarung tinju.

Dilansir dari Legends boxing, berikut ulasannya.

1. Mencegah Perpindahan Sendi Jari

Salah satu fungsi utama sarung tinju adalah untuk memberikan bantalan pada persendian jari Anda. Sendi jari Anda adalah yang paling rentan terhadap kejutan pukulan, dan efeknya sebenarnya dapat menyebabkan beberapa kerusakan serius pada ruas-ruas jari Anda. Sarung tinju penting dan bertindak sebagai perisai perlindungan.

2. Melindungi Lawan Anda

Dampak gaya pada benda yang bergerak dikenal sebagai momentum, tinju adalah tentang momentum. Tanpa sarung tinju, efek momentum jauh lebih tinggi dan efektif dibandingkan dengan sarung tangan. Tanpa sarung tangan, momentum yang dapat dibawa oleh pukulan dapat mengakibatkan kerusakan berat dan cedera parah pada lawan Anda. Sarung tinju mengurangi dampak guncangan, sehingga membantu melindungi lawan dari cedera serius.

3. Mengurangi Mandi Darah

Fenomena yang cukup umum bahwa petinju berdarah dari dahi ke hidung selama pertandingan tinju. Kehilangan darah karena perkelahian lebih sering terjadi jika petinju tidak menggunakan sarung tangan. Tinju bare-knuckle secara drastis meningkatkan kekuatan. Ini menghasilkan peningkatan kerusakan yang akibatnya berakhir dengan pertumpahan darah di antara kedua petinju.

4. Dukungan Pergelangan Tangan

Dari sudut pandang medis, guncangan yang dihasilkan dari momentum pukulan dapat menyebabkan kerusakan serius, tetapi perlindungan dari momentum itu dapat diberikan dengan sarung tinju. Cedera pergelangan tangan memiliki efek jangka panjang yang membutuhkan waktu untuk sembuh. Hal ini menempatkan ancaman yang cukup besar terhadap karir seorang petinju. Sarung tinju sangat penting karena memberikan stabilitas pergelangan tangan selama kejutan pukulan, membantu petinju menghindari cedera pada pergelangan tangan mereka.

Topik Menarik