Perbasi Manfaatkan Turnamen Indonesia Basket 3x3 untuk Menyaring Pemain

Perbasi Manfaatkan Turnamen Indonesia Basket 3x3 untuk Menyaring Pemain

Olahraga | skor.id | Jum'at, 21 Januari 2022 - 10:45
share

SKOR.id - Supersport Sensation International (SSS International) segera menggelar turnamen basket 3x3 di Tanah Air.

Menggandeng PB Perbasi selaku induk basket nasional dan Bank Mandiri, SSS International bertekad menyaring telanta muda di dunia basket 3x3.

Sebagai awalan, kejuaraan bertajukLivin\' Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, 19-23 Februari 2022.

"Awalnya akan melakukan city selection, sekaligus membuka empat kategori pertandingan, U-23 (klub) putra dan putri, serta High School (SMA) putra dan putri," ucapDirektur SSS, Azwan Karim, dalam rilis yang diterima redaksi Skor.id.

"Tahapan selanjutnya adalah city final, kemudian province final. Demi mencapai jangkauan yang luas, SSS International berencana menggelar turnamen secara serempak di empat provinsi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur."

Azwan menegaskan bahwa ketertarikannya menggelar turnamen basket 3x3 dikarenakan prestasi yang cukupmenjanjikansejak Asian Games 2018.

Timnas basket putri Indonesia sukses merebut medali perunggu pada turnamen FIBA 3x3 U-18 Asia 2018 di Cyberjaya, Malaysia.

Sementara Timnas basket 3x3 putra berhasil meraih medali perak setahun setelahnya di ajang SEA Games 2019 Filipina.

"Livin by Mandiri Indonesia 3x3 Tournament 2022 akan berikan kontribusi penuh, sekaligus menjadi wadah yang menjanjikan bagi kemajuan basket 3x3 di negeri ini. Sesuai tagline kami Youth Development," ucap Azwan menambahkan.

Rencana itu mendapat sambutan baik dari Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih, yang memang tengah gencar membentuk tim 3x3 yang solid.

"Kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Melalui 3x3 akan terlihat anak-anak muda yang cinta bola basket untuk 3x3," jelasnya.

"Saat ini kami sedang membutuhkan pemain yang konsentrasi di 3x3. Ke depan, PERBASI akan bentuk tim 3x3 junior sampai usia 23. Sebanyak 8 pemain putra dan 8 putri putri untuk masing-masing."

"Supaya tidak ganti-ganti orangnya. Jadi nanti bisa fokus. Sebagai bentuk total dukungan kami, nanti juara dari turnamen ini akan kami kirim ke kejuaraan dunia."

Wakil Presiden Corporate Secretary Bank Mandiri, Diwangkoro Ratam, menjelaskan pihaknya sangat mendukung karena sejalan dengan misi mereka untuk mendukung ekosistem bola basket nasional.

"Kita dukung timnas, IBL, FIBA Asia Cup hingga FIBA World Cup 2023. Tapi kita juga melihat bagaimana youth development yang nanti akan dipantau untuk timnas."

"Kita punya tanggung jawab bersama Perbasi meningkatkan prestasi Indonesia di bola baske," kataDiwangkoro memungkasi.

Gelorakan Piala Asia FIBA 2022, Perbasi Gelar Turnamen Usia Muda di 5 Kota

&
Topik Menarik