5 Fakta Mengejutkan Pratama Arhan, Nomor 3 Patut Diacungi Dua Jempol

5 Fakta Mengejutkan Pratama Arhan, Nomor 3 Patut Diacungi Dua Jempol

Olahraga | inewsid | Selasa, 11 Januari 2022 - 08:30
share

JAKARTA, iNews.id - Nama Pratama Arhan tak henti-hentinya dibicarakan pecinta sepak bola Tanah Air. Bek kiri PSIS Semarang itu berhasil mencuri perhatian di Piala AFF 2020.

Dia jadi salah satu kunci kesuksesan Garuda jadi finali ajang sepak bola antarnegara Asia Tenggara itu. Pratama Arhan juga terpilih jadi pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

Ada berapa fakta-fakta mengejutkan yang mungkin Anda belum tahu soal pemain kesayangan Shin Tae-yong satu ini.

Berikut 5 Fakta Mengejutkan Pratama Arhan:

1. Karier Pertama

Pratama Arhan kembali dipanggil Timnas untuk mengikuti latihan jelang laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022. (Istimewa)

Perjalanan karier Pratama Arhan di dunia sepak bola dimulai ketika bergabung di sekolah sepak bola Mustika Blora. Saat itu, usianya masih 11 tahun. Kemudian, dia pindah ke Terang Bangsa sebelum bergabung ke PSIS Semarang pada 2018.

Pratama Arhan menghabiskan dua tahun di tim junior PSIS. Setelahnya, dia dipromosikan ke tim utama pada 2020. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu terus menunjukkan perkembangan di klub tersebut, hingga akhirnya menjadi langganan dipanggil ke Timnas Indonesia.

2. Debut di Timnas Indonesia

Pemain kesayangan Shin Tae-yong absen saat Timnas Indonesia vs Laos pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020, Minggu (12/12/2021) malam WIB. (Foto: PSSI)

Perjalanan karier Pratama Arhan membela skuad Garuda berawal dari pemanggilan seleksi timnas U-19 pada awal tahun 2020. Saat itu, dia berhasil lolos seleksi dan dibawa ke pemusatan latihan di Thailand pada 20 Januari hingga 1 Februari 2020.

Penampilan impresif selama pemusatan latihan itu menarik perhatian Shin Tae-yong. Dia ditarik untuk mengikuti latihan timnas senior pada Februari 2020. Terbaru, dia menjelema jadi andalan di lini pertahanan timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

3. Kondisi Orang Tua

Ibunda Pratama Arhan, Surati. (Foto: Youtube)
Ibunda Pratama Arhan, Surati. (Foto: Youtube)

Banyak yang belum mengetahui, Pratama Arhan berasal dari keluarga yang sederhana. Dia merupakan putra asli Blora, Jawa Tengah. Pria kelahiran 21 Desember 2001 itu lahir dari pasangan Sutrisno dan Surati.

Pemain bernomor punggung 12 di timnas Indonesia itu merupakan anak dari seorang ibu yang merupakan penjual sayur keliling di kampungnya. Dia pun diketahui tinggal di rumah sederhana berdinding kayu dan beralaskan tanah.

Meski begitu, kesederhanaan hidup itu tampaknya tidak membuat Pratama Arhan patah semangat. Penggawa PSIS Semarang itu berhasil membuktikan diri menjadi salah satu pemain muda terbaik Tanah Air saat ini.

4. Sepatu Sepak Bola Pertamanya

Pratama Arhan kembali dipanggil Timnas untuk mengikuti latihan jelang laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022. (Istimewa)

Arhan memiliki kisah unik ketika masih bergabung bersama SSB di desanya. Dia pernah kesulitan membeli sepatu sepak bola. Adapun sepatu pertama bek kiri timnas Indonesia itu seharga Rp25 ribu.

Untuk mendapatkan sepatu tersebut, ibu dan ayah dari Arhan sampai harus menjual barang di rumah untuk membelikan putra kesayangannya itu sepatu bola. Sepatu pertama sang pemain muda itu pun disebut ibunya mudah jebol.

Dulu kami memang memang susah sekali, utang sana sini. Dulu dia tidak punya sepatu, tidak punya 25 ribu, dan itupun sekali dipakai udah jebol, ujar Surati, ibu dari Arhan.

5. Pujaan Hati

Kekasih Pratama Arhan, Marshella Aprilia. (Foto: Instagram/marshellaprilia)
Kekasih Pratama Arhan, Marshella Aprilia. (Foto: Instagram/marshellaprilia)

Gemilangnya performa Arhan di Piala AFF 2020 tidak lepas dari dukungan sang pacar, Marshella Aprilia. Gadis cantik itu pun sontak menjadi buah bibir publik sepak bola Tanah Air.

Dilihat dari laman instagram pribadinya, Marshella terlihat cantik dan sederhana. Dia kerap berpakaian secara casual. Sejumlah warganet pun mendukung hubungan sang gadis dengan bek andalan timnas Indonesia tersebut.

Topik Menarik