Shin Tae-yong Ungkap 3 Syarat bagi Pemain yang Ingin Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Ungkap 3 Syarat bagi Pemain yang Ingin Dinaturalisasi untuk Perkuat Timnas Indonesia

Terkini | okezone | Kamis, 23 Mei 2024 - 06:59
share

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkap 3 syarat bagi pemain yang ingin dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. Lantas, apa saja syarat yang dimaksud?

“Untuk dinaturalisasi, pemain itu mesti berdarah Indonesia, memiliki teknik yang bagus, dan bertanggung jawab sebagai pemain tim nasional Indonesia," kata Shin Tae-yong beberapa waktu yang lalu.

(Shin Tae-yong memiliki syarat bagi pemain yang dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia. (Foto: Aldi Chandra/MPI)

Dari pernyataan di atas, Shin Tae-yong menekankan pemain yang ingin dinaturalisasi harus memiliki darah Indonesia. Tak heran, pemain-pemain yang diajukan Shin Tae-yong ke PSSI untuk dinaturalisasi semuanya memiliki darah Indonesia.

Mulai dari Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen hingga Calvin Verdonk yang sedang dalam proses naturalisasi. Bagaimana dengan Maarten Paes? Bukannya kiper 25 tahun ini tidak memiliki darah Indonesia?

Meski tidak memiliki darah Indonesia, nenek Maarten Paes lahir di Indonesia. Karena itu, Maarten Paes memiliki ikatan emosional yang kuat dengan Tanah Air.

Merujuk kepada ucapan Shin Tae-yong di atas, otomatis menutup pintu bagi pemain-pemain asing di Liga 1 yang ingin memperkuat Timnas Indonesia. Sebelumnya, netizen di media sosial mendorong PSSI untuk menaturalisasi dua bomber Persib Bandung, Ciro Alves dan David da Silva.

Topik Menarik