Mengenal Manfaat Buah-buahan Berdasarkan Warnanya

Mengenal Manfaat Buah-buahan Berdasarkan Warnanya

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 10 Mei 2024 - 17:25
share

MENGONSUMSI buah-buahan bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu untuk memperkuat imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Meski begitu, setiap jenis buah-buahan tentu memiliki manfaat dan khasiat yang berbeda-beda untuk kesehatan tubuh. Bahkan, hal itu bisa diketahui dari warnanya lho!

Ya, warna pada buah-buahan ternyata bukan menjadi ciri khas saja, namun juga memiliki berbagai manfaat. Nah, berikut sederet manfaat buah-buahan untuk kesehatan dilihat dari warnanya, melansir dari akun X @eatsimple.

1. Merah

Buah-buahan merah seperti stroberi, ceri, dan tomat mengandung likopen dan antosianin yang merupakan antioksidan kuat. Mereka dapat membantu melindungi jantung, menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan otak.


2. Oranye dan Kuning

Buah-buahan seperti wortel, mangga, dan jeruk mengandung beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A. Beta-karoten baik untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

3. Hijau

Buah-buahan hijau seperti kiwi, apel hijau, dan anggur hijau mengandung lutein, zeaxanthin, dan vitamin C. Mereka membantu meningkatkan kesehatan mata, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

4. Ungu dan Biru

Buah-buahan seperti anggur ungu, blueberry, dan plum mengandung antosianin, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi jantung, meningkatkan fungsi kognitif, dan mengurangi peradangan dalam tubuh.


5. Putih

Buah-buahan putih seperti pisang, pir, dan buah persik putih mengandung kalium, serat, dan berbagai nutrisi lainnya. Mereka dapat membantu menjaga tekanan darah normal, pencernaan yang sehat, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Topik Menarik