Skandal Raja Sunda Doyan Main Perempuan hingga Sabung Ayam

Skandal Raja Sunda Doyan Main Perempuan hingga Sabung Ayam

Nasional | okezone | Jum'at, 10 Mei 2024 - 06:45
share

TAMPERAN Barmawijaya, Raja Sunda konon pernah terlibat skandal perselingkuhan saat bertahta. Sang raja bahkan sampai melahirkan seorang anak dari hubungan gelapnya, dengan perempuan cantik bernama Pangereyep. Sosoknya juga suka berjudi sabung ayam, hingga meresahkan rakyatnya.

Konon sifat-sifat buruk itu mewarisi Mandiminyak, leluhurnya dari Kerajaan Galuh yang sama-sama berada di tanah Sunda. Tamperan Barmawijaya kerap membuat skandal asmara, hingga suka bermain perempuan.

Alhasil, sang raja kala itu menghamili perempuan cantik hingga melahirkan anak dari hasil hubungan gelapnya. Kamarasa (Banga) nama anak yang dilahirkan dari rahim Pangereyep, demikian nama perempuan itu dikutip dari "Hitam Putih Mahapatih Gajah Mada".

Selain kerap berselingkuh dan bermain perempuan, Tamperan konon kerap menyabung ayam alias berjudi. Hal ini yang membuat ia tak menyadari adanya musuh dari luar yang menghantuinya. Salah satunya ketika bertemu Manarah atau Ciung Wanara, yang mempersiapkan pemberontakan merebut tahta dari Tamperan.

Apalagi, Ciung Wanara mendapat dukungan dari Ki Balangantrang dari Geger Sunten, dalam mempersiapkan segala upaya pemberontakan. Skenario serangan pun diusung oleh Ciung Wanara ke tlatah ibu kota Sunda.

Pada siang hari bertepatan pesta sabung ayam, pasukan Manarah menyerbu. Kudeta Manarah menuai hasil, dalam waktu singkat, kekuasaan Tamperan dapat dikuasai oleh Manarah. Tamperan, Pangrenyep, dan Banga ditawan di gelanggang sabung ayam. Tetapi Banga sang anak Tamperan, akhirnya dibiarkan bebas.

Topik Menarik