Aji Santoso Akui Hadirnya Pesepakbola Naturalisasi Tingkatkan Kualitas dan Mental Pemain Lokal

Aji Santoso Akui Hadirnya Pesepakbola Naturalisasi Tingkatkan Kualitas dan Mental Pemain Lokal

Berita Utama | okezone | Jum'at, 10 Mei 2024 - 04:40
share

MALANG - Legenda pemain dan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia , Aji Santoso menyambut baik program naturalisasi yang kini sedang dilakukan PSSI. Sebab menurutnya para pemain naturalisasi itu berhasil meningkatkan kualitas dan pemain lokal, seperti yang terlihat di Timnas Indonesia U-23 dan senior.

Pada komposisi pemain yang diturunkan Pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U023, nama seperti Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan, menjadi dua nama pemain pribumi yang bermain di luar negeri. Sedangkan Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-on, Ivan Jenner, dan Rafael Struick, merupakan pemain keturunan yang bermain di luar negeri.

Secara keseluruhan perfoma mereka menunjukkan perbedaan di antara deretan pemain lainnya. Performa dan kemampuan pesepakbola keturunan yang dinaturalisasi ini bisa mempengaruhi tim.

Eks pelatih Timnas Indonesia Aji Santoso mengakui kualitas para pemain naturalisasi yang dimasukkan Shin Tae-yong ke line up pemain. Tak pelak ketika ada seseorang yang mengkritisi kebijakan naturalisasi, ia pun langsung pasang badan.

"Kita jujur saya sampaikan pemain-pemain lokal kita mentalnya terangkat oleh pemain-pemain naturalisasi," ucap Aji Santoso, ditemui MPI di Stadion Gajayana, Kota Malang, usai laga 80 besar Liga 3 Nasional, Jumat (10/5/2024).

Bagi Aji, kualitas dan mental pemain naturalisasi memang sedikit di atas para pemain lokal sendiri. Apalagi ketika menghadapi tim-tim kuat seperti Korea Selatan, Uzbekistan, dan Irak, ketenangan dan pengaruh pemain keturunan cukup terasa.

Topik Menarik