Kemenag: Siaran Keagamaan Perkuat Pemahaman dan Praktik Moderasi Beragama

Kemenag: Siaran Keagamaan Perkuat Pemahaman dan Praktik Moderasi Beragama

Nasional | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 21:55
share

JAKARTAKementerian Agama dan Komisi Penyiaran Indonesia menggelar Anugerah Syiar Ramadan 2024. Acara tersebut merupakan ajang pemberian penghargaan bagi program siaran keagamaan terbaik di bulan Ramadan.

Ajang bakat RCTI - Hafiz Indonesia 2024 dan animasi asing Upin Ipin MNC TV masuk dalam daftar pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024.

Direktur Penerangan Agama Islam, Ditjen Bimas Islam, Ahmad Zayadi mengatakan, Anugerah Syiar Ramadan 2024 memiliki tema "Merajut Persatuan Melalui Siaran Ramadan yang Menyejukkan”. Tema tersebut, menurutnya, mendorong lembaga penyiaran dalam menyuguhkan program siaran berkualitas yang menyejukkan dan sehat di bulan Ramadan.

“Anugerah Syiar Ramadan ini digelar untuk meningkatkan kesadaran lembaga penyiaran dalam menyuguhkan program siaran yang tidak hanya sehat, tapi juga berkualitas,” ujar Zayadi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/5/2024).

“Kita ingin program siaran keagamaan yang mampu memperkuat pemahaman dan praktik keagamaan yang moderat, tentu dengan wawasan kebangsaan yang kuat,”sambungnya.

Sementara itu, Kasubdit Seni Budaya dan Siaran Keagamaan Islam, Wida Sukmawati menyampaikan, gelaran Anugerah Syiar Ramadan tahun ini melibatkan 394 program siaran. Angka itu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai 303 program.

“Antusiasme peserta Anugerah Syiar Ramadan tahun ini cukup tinggi. Ada peningkatan sekitar 90 program, yang mendaftar juga berasal dari 80 lembaga penyiaran TV dan radio. Sementara itu untuk program siaran kurang lebih berjumlah 300 program,” jelas Wida.

Topik Menarik