10 Negara Jajahan Prancis di Benua Afrika

10 Negara Jajahan Prancis di Benua Afrika

Global | okezone | Rabu, 8 Mei 2024 - 17:59
share

PARIS - Prancis memiliki potensi yang besar untuk menjadi kekuatan kolonial terkemuka di Eropa pada abad ke-17 dan ke-18. Melansir Britannica, faktor yang mendukung kemungkinan ini yaitu populasi serta kekayaan yang dimiliki Prancis pada masa itu. Prancis yang dipimpin oleh Louis XIV juga memiliki tentara serta angkatan laut terbaik dan terkuat. Tidak heran cukup banyak wilayah koloni Perancis tersebar diseluruh dunia.

Prancis pada masa awal penjajahannya dimulai di Amerika dan di Asia. Mengutip World Atlas, Prancis pertama kali mulai menjajah Afrika pada abad ke-17, namun baru mulai menempati Afrika secara signifikan pada abad ke-19. Kebanyakan dari koloni Prancis di Afrika terletak di sepanjang pantai atau di lembah sungai dengan iklim yang lebih ramah dan mudah dijangkau transportasi.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 10 negara jajahan Prancis di benua Afrika.

1. Pantai Gading

Wilayah Pantai Gading mulai dijadikan koloni oleh Perancis pada tahun 1893 dengan ibukotanya terletak di Grand-Bassam. Pantai Gading yang memiliki sebutan resmi Republik Pantai Gading merdeka pada tanggal 7 Agustus 1960.

2. Benin

Benin atau dikenal juga Dahomey mulai dijajah Perancis pada tahun 1892. Kemudian pada tahun 1899 wilayah ini yang juga disebut French Dahomey dimasukkan dalam wilayah kolonial Perancis di Afrika Barat. Perancis memberikan otonomi kepada Republik Dahomey pada tahun 1958 dan tanggal 1 Agustus 1960 diperingati sebagai hari kemerdekaan Benin.

3. Mali

Republik Mali yang merupakan negara terbesar kedelapan di Afrika mulai dijajah oleh Perancis pada akhir abad ke-19. Kebanyakan dari wilayah Mali sudah berada dibawah kekuasaan Prancis pada tahun 1905. Mali memerdekakan diri dari penjajahan Prancis pada tanggal 22 September 1960.

4. Guinea

Guinea atau Republik Guinea sebagai sebutan resminya mulai dijadikan Prancis sebagai koloninya sejak pertengahan abad ke-19. Hal ini ditandai dengan penetrasi militer Prancis sejak kekalahan tentara Samori Tour pada tahun 1898. Guinea merdeka dari pendudukan Prancis pada tanggal 2 Oktober 1958.

Topik Menarik