Legenda Timnas Indonesia Kritik Shin Tae-yong Habis-habisan: Disebut No Skill hingga Cuma Bisa Parkir Bus!

Legenda Timnas Indonesia Kritik Shin Tae-yong Habis-habisan: Disebut No Skill hingga Cuma Bisa Parkir Bus!

Terkini | okezone | Rabu, 8 Mei 2024 - 13:02
share

PESEPAKBOLA legenda Indonesia, Anjas Asmara, tak segan-segan melemparkan kritikan kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang memiliki banyak pemuja di Tanah Air. Pria 72 tahun itu menyebut Shin Tae-yong hanyalah pelatih yang cuma bisa mengandalkan strategi parkir bus.

“Shin Tae-yong hanya (mengandalkan startegi) parkir bus. Coba lihat cara main Timnas Indonesia, hanya parkir bus. Sebelas pemain kita berdiri di pertahanan semua dan kita kesulitan bikin gol. Jadi main bola itu harus cetak gol. Tiru itu Messi, tiru itu Ronaldo,” kata Anjas Asmara dalam program Rakyat Bersuara yang tayang di iNews TV pada Selasa, 7 Mei 2024.

(Anjas Asmara minta PSSI pecat Shin Tae-yong. (Foto: Rievta/MPI)

Anjas Asmara melihat fokus Shin Tae-yong di Timnas Indonesia adalah menguatkan fisik para personel skuad Garuda. Padahal, menurut personel Timnas Indonesia era 1970an ini, banyak yang bisa dilatih Shin Tae-yong kepada para pemain skuad Garuda.

“Main bola itu otaknya harus jenius (cerdas). Jangan seperti Shin Tae-yong ini, dia tidak latih ini anak-anak (pemain Timnas Indonesia). Ia hanya latih anak-anak main bola hanya fisik. Makanya saya selalu protes, ganti tuh Shin Tae-yong. Kita punya uang, kenapa enggak diganti sama pelatih yang pintar,” lanjut eks pemain Persija Jakarta ini.

“Pemain Korea yang ada di dunia ini, mereka mengandalkan fisik, no skill. Shin Tae-yong no skill. Anak-anak ini (para pemain Timnas Indonesia) selalu melihat bola, tidak melihat orang yang bergerak. Golnya dari situ semua. Kenapa Shin Tae-yong tidak latih itu,” tegas pria yang hampir meloloskan Timnas Indonesia ke Olimpiade 1976 ini.

Tak sampai di situ kritikan yang dilontarkan Anjas Asmara kepada Shin Tae-yong. Ia bahkan meminta PSSI memecat Shin Tae-yong dan menggantinya dengan pelatih sekaliber Josep Guardiola.

Topik Menarik