Jokowi Sebut Jepang-Inggris Menuju Resesi: Kita Harus Hati-Hati

Jokowi Sebut Jepang-Inggris Menuju Resesi: Kita Harus Hati-Hati

Nasional | okezone | Senin, 6 Mei 2024 - 14:02
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sejumlah negara seperti Jepang hingga Inggris telah menuju resesi ekonomi. Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan agar hati-hati dalam mengelola fiskal dan anggaran.

Jokowi pun mengatakan, resesi ekonomi ini salah satunya akibat pandemi Covid-19. Bahkan, saat ini pertumbuhan ekonomi global diperkirakan cuma 3,2.

“Beberapa negara telah masuk pada resesi Jepang, Inggris, dan beberapa negara Eropa berada di posisi ke sana. Menuju pada resesi,” ungkap Jokowi saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (6/5/2024).

“Oleh karena itu kehati-hatian kita kelola fiskal dan anggaran betul-betul harus prudence dan hati hati. Jangan sampai ada uang serupiah pun meleset dari rencana yang kita buat. Perhatikan betul-betul skala prioritas,” kata Jokowi mengingatkan.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan bahwa semua negara saat ini takut terhadap harga minyak dunia juga masalah bunga pinjaman.

“Semua pada takut masalah itu, karena begitu bunga pinjaman naik sedikit saja beban fiskal itu akan sangat, sangat besar. Sekali lagi oleh sebab itu kita harus betul-betul hati-hati kelola setiap rupiah anggaran yang kita miliki,” ujarnya.

Topik Menarik