Cegah Tradisi Brutal Taruna Senior STIP, CCTV Akan Diperbanyak hingga Sanksi Pemecatan

Cegah Tradisi Brutal Taruna Senior STIP, CCTV Akan Diperbanyak hingga Sanksi Pemecatan

Nasional | okezone | Senin, 6 Mei 2024 - 12:16
share

JAKARTA-Kementerian Perhubungan mengambil sejumlah langkah-langkah agar tak ada lagi potensi kekerasan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) sebagaimana yang dialami taruna bernama Putu Satria Ananta Rustika (19).

Seperti penambahan CCTV dan personel pengawas hingga pemberlakukan sanksi tegas berupa pengeluaran dari pendidikan dari STIP.

"Untuk menjamin tidak ada lagi potensi tindak kekerasan di kemudian hari, sekolah juga telah menambah CCTV pada blank spot di tiap kampus, meniadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kekerasan, peningkatan peran pengasuh taruna," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, Senin (6/5/2024).

Penambahan CCTV itu tak hanya dilakukan di STIP saja, tapi juga di tiap kampus yang berads di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.

Selain itu, pihaknya juga secara aktif melibatkan stakeholder yang berkaitan erat dengan proses pembentukan karakter, seperti ikatan alumni dan asosiasi profesi pelaut dalam mengantisipasi potensi tindak kekerasan di kemudian hari.

"Selain itu, sanksi tegas juga akan diberlakukan, yakni dikeluarkan dengan tindak hormat dari pendidikan jika ditemukan adanya taruna yang melakukan tindakan kekerasan," tuturnya.

Dia menambahkan, Kemenhub juga memberlakukan sanksi tegas berupa dikeluarkannya taruna dari pendidikan bila terbukti melakukan kekerasan. Disamping itu, STIP juga melakukan penambahan personel pengawas di setiap sudut sekolah dan mengoptimalkan peran pembimbing.

Topik Menarik