BMKG: 642 Kali Gempa Susulan Guncang Bawean Jatim Sejak Maret Lalu

BMKG: 642 Kali Gempa Susulan Guncang Bawean Jatim Sejak Maret Lalu

Nasional | okezone | Senin, 6 Mei 2024 - 06:59
share

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 642 kali gempa susulan mengguncang Bawean, Gresik, Jawa Timur, hingga 5 Mei 2024. Diketahui, gempa utama memiliki kekuatan M6,5 telah terjadi pada 22 Maret, lalu.

Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie melaporkan kemarin Bawean masih diguncang gempa dengan kekuatan M4,3 dengan kedalaman 5 kilometer. Gempa ini merupakan rangkaian gempa utama M6,5.

“Hasil monitoring BMKG menunjukkan Gempabumi ini merupakan bagian rangkaian gempabumi Bawean yang terjadi pada hari Jumat pukul 11.22.45 WIB dan telah tercatat adanya 642 kali gempabumi susulan (aftershock),” ujar Setyoajie dalam keterangan resminya, Senin (6/5/2024).

Setyoajie mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Bawean II-III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Topik Menarik