Ini Jumlah Sahabat Nabi Menurut Hitungan Para Ulama

Ini Jumlah Sahabat Nabi Menurut Hitungan Para Ulama

Terkini | okezone | Minggu, 5 Mei 2024 - 20:05
share

JUMLAH sahabat Nabi dibahas Okezone Muslim dalam artikel berikut ini. Adapun jumlah tersebut menurut penghitungan para ulama. 

Sabagat Nabi merupakan orang-orang yang pernah berjumpa dengan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dalam keadaan beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala serta wafat dalam status Islam. 

Para sahabat Nabi ini adalah generasi awal yang ikut membantu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memperjuangkan Islam. Selain itu, kedudukan para sahabat ini cukup dekat di sisi Nabi.

Jumlah Sahabat Nabi

Sebagaimana telah Okezone himpun, para ulama tidak bisa memastikan berapa jumlah sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Sebab mereka terpencar ke berbagai negeri, daerah, bahkan penjuru bumi.

Pada saat zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sendiri tidak ada yang mengumpulkan daftar nama-nama orang yang masuk Islam, siapa yang lahir di keluarga Muslim, dan seterusnya.

Sebagaimana telah ditegaskan oleh Ka'ab bin Malik radhiyallahu’anhu, seperti dinyatakan dalam hadits panjang tentang kisah beliau yang tidak ikut Perang Tabuk, Ka'ab mengatakan kaum Muslimin yang ikut bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat banyak. Tidak ada kitab yang mampu menuliskan semua nama sahabat Nabi, demikian pula tidak ada orang yang mampu menghafalnya. (HR Bukhari nomor 4418 dan 2769) 

Topik Menarik